Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menerobos Rambu di Perlintasan KA, Mengintai Ancaman Jiwa dan Denda

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara kendaraan bermotor di jalan raya harus turut mematuhi berbagai aturan yang sudah ditetapkan guna terciptanya keadaan lalu lintas aman dan nyaman. Salah satu yang penting, adalah ketika lewat perlintasan kereta api (KA) karena mengintai ancaman jiwa dan denda.

Daftar aturan ini tercantum secara lengkap dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), beserta sanksi bagi para pelanggarnya.

Kendati demikian, tak sedikit pengguna kendaraan yang belum terinformasikan secara baik sehingga mereka kerap melanggar aturan. Salah satunya mengenai pematuhan rambu lalu lintas di perlintasan sebidang KA.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berprilaku disiplin di perlintasan sebidang (KA). Jika memang rambu menunjukkan berhenti, maka jangan melaju," kata VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus dalam keterangan resmi, Selasa (6/10/2020).

Pasalnya, berdasarkan pasal 296 UU LLAJ, pengendara yang tidak mematuhi rambu tersebut bisa dipidana dengan kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.

Adapun aturan di perlintasan sebidang kereta api tercantum dalam pasal 114 yang menyebutkan bahwa pada perlintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup, serta wajib mendahulukan kereta melintas.

Maka dari itu Joni menegaskan ketika sudah ada tanda-tanda mendekati perlintasan sebidang KA, setiap pengguna jalan diharuskan untuk mengurangi kecepatan dan berhenti.

Aturan tersebut juga sesuai oleh UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 124 yang menyatakan bahwa pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Pada kesempatan sama, Joni menjelaskan sejak Januari hingga awal Oktober 2020 pihaknya mendapati 198 kecelakaan di perlintasan sebidang KA.

“Diharapkan masyarakat pengguna jalan benar-benar mematuhi aturan di perlintasan sebidang ini. Tujuannya agar keselamatan perjalanan pengguna jalan dan KA dapat tercipta," ucap dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/07/092200215/menerobos-rambu-di-perlintasan-ka-mengintai-ancaman-jiwa-dan-denda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke