Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia Motor Nasional Pertama Malaysia

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif di Malaysia termasuk yang cukup berkembang di ASEAN. Negara tetangga itu punya merek mobil dan sepeda motor merek nasional, Proton dan Modenas.

Modenas merupakan kependekkan dari Syarikat Motosikal dan Enjin Nasional Sdn. Bhd atau National Motorcycle and Engine Company. Kantor pusat dan pabrik berlokasi di Gurun, Kedah, Malaysia.

Sejarah Modenas tidak lepas dari pendirian Proton. Setelah membuat mobil Malaysia ingin melebarkan sayap membuat motor sendiri, tujuannya agar Malaysia bisa menjadi negara industri.

Awal berdirinya Modenas menggandeng Kawasaki sebagai mitra teknologi. Kawasaki juga punya sebagian saham tapi tidak besar.

Dengan modal awal 100 juta ringgit saat itu, Modenas langsung membuat pabrik pada 1995. Selang setahun kemudian pada 1996 keluar model perdana yaitu motor bebek Modenas Kriss.

Tahun 2007 Modenas merayakan produksi satu juta unit. Sepanjang itu Modenas telah mengekspor motor sebanyak 17 negara. Pasar terbesarnya yaitu Yunani, Rusia dan Amerika Selatan.

Modenas Kriss 110

Modenas Kriss 110 merupakan model pertama yang meluncur pada 1996. Motor ini merupakan hasil kerjasama dengan Kawasaki. Basis mesinnya diambil dari Kawasaki Kaze R 110.

Saat meluncur motor ini hanya untuk pasar domestik. Setahun kemudian pada 1997 mulai dikirim ke sejumlah negara lain.

Nama Kriss diambil dari kata Kris, senjata tusuk jarak pendek yang di Indonesia disebut Keris.

Menariknya di Inggris sempat keliru mengiklankan Modenas Kriss merupakan akronim pebalap Amerika Serikat Kenny Roberts. Sebab Modenas pernah membuat motor balap untuk Grand Prix Motor Modenas KR tim.

Modenas Kriss mengusung mesin 111 cc, 4-tak, silinder tunggal SOHC. Bore x stroke 53 mm x 50,6 mm, kompresi mesin 9,3:1. Sistem pengabutan pakai karburator buatan Keihin 18 mm.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/15/134100915/ini-dia-motor-nasional-pertama-malaysia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke