Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Ban yang Cocok untuk Bus, Radial atau Bias?

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban pada kendaraan niaga seperti bus merupakan komponen yang penting. Sebagai angkutan penumpang, ban juga menjadi komponen dalam menunjang kenyamanan dan keselamatan.

Kemudian, ban merupakan biaya operasional kedua paling mahal setelah bahan bakar. Sehingga pemilihan ban yang tepat sangat membantu menghemat biaya operasional bus.

Umumnya, ban bus terbagi menjadi dua, radial dan bias. Secara konstruksinya, radial memiliki alur benang baja yang searah, sedangkan bias menyilang. Lalu model ban apa yang banyak digunakan oleh bus saat ini?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, saat ini ban radial lebih umum digunakan pada bus karena memiliki beberapa keuntungan dibanding model bias.

“Umunya pakai ban Truck Bus Radial (TBR). Keunggulannya seperti umur pakai yang lebih awet, bisa dua kali lipat bahkan lebih dari yang bias. Sisi kenyamanan sudah pasti didapat, daya pengereman, grip saat basah dan kering juga lebih baik dari ban bias,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Zulpata menambahkan, ban radial lebih ekonomis dan hemat bahan bakar. Walaupun memiliki harga yang lebih mahal, ban radial memiliki Cost per Kilometer (CPK) yang lebih murah dari ban bias.

Walaupun terkesan ban radial lebih unggul dibanding bias, bukan berarti tidak memiliki keunggulan. Masih ada juga beberapa bus yang menggunakan ban bias untuk melewati kondisi jalan yang kurang baik.

“Ban bias lebih kuat terhadap benturan benda keras, batu, atau lubang di jalanan. Sehingga masih cocok digunakan untuk bus yang melewati jalan yang kurang baik,” kata Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/03/094200115/pilihan-ban-yang-cocok-untuk-bus-radial-atau-bias-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke