Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Pandemi, Pendapatan Jasa Marga Semester I/2020 Turun

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 turut berdampak pada industri jalan tol. Jasa Marga mencatat pada semester pertama 2020, pendapatannya turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Investor Relations Department Head Jasa Marga Pramitha Wulanjani, mengatakan, pendapatan tol sempat mengalami peningkatan 12,3 persen pada 2019 lalu, karena telah beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan dilakukannya integrasi pada ruas Jakarta-Cikampek.

“Namun akibat adanya pandemi Covid-19, pendapatan jalan tol Jasa Marga Group turun 15,75 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Mitha, dalam keterangan yang diterima Kompas.com (28/8/2020).

“Hal ini dikarenakan menurunnya volume lalu lintas akibat perubahan perilaku masyarakat yang diimbau untuk tidak lagi berpergian seiring penerapan kebijakan work from home sejak bulan Maret 2020 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar sejak bulan April 2020,” katanya.

Meski begitu, semenjak adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Juni 2020, realisasi pendapatan tol harian Jasa Marga Group kembali mengalami peningkatan.

Untuk diketahui, pada Mei 2020 pendapatan turun 50 persen. Sementara pada akhir Juni 2020, menjadi turun sekitar 20 persen dibandingkan kondisi normal.

Kinerja positif Jasa Marga juga dapat terlihat dari Pendapatan Usaha Non Tol Perseroan pada semester pertama tahun ini tumbuh 4,1 persen, yakni sebesar Rp 433,3 miliar.

Sedangkan untuk Total Aset Perseroan mencapai Rp 102,7 triliun atau tumbuh 3,0 persen dibandingkan periode Januari-Juni 2019, seiring dengan peningkatan progres penyelesaian jalan tol baru milik Perseroan.

Hingga akhir 2020, Jasa Marga juga menargetkan lima jalan tol bisa ditargetkan selesai konstruksinya.

Di luar Jawa, Jasa Marga siap mengoperasikan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan-Samboja dan Seksi 5 Tol Sepinggan-Balikpapan, serta Tol Manado-Bitung.

Sementara untuk tiga tol lainnya terletak di wilayah Jabodetabek, yaitu Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak, Jalan Tol Kunciran-Tangerang dan Jalan Tol Cinere-Serpong yang masuk dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/29/072200215/imbas-pandemi-pendapatan-jasa-marga-semester-i-2020-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke