Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peranti Hiburan TV pada Bus yang Mulai Ditinggalkan

JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur hiburan di bus awalnya hanya berupa televisi (TV). TV yang ada di kabin berada pada bagian depan sehingga bisa terlihat oleh semua penumpang.

TV yang biasanya menempel di atap bus ini terkoneksi dengan sistem hiburan seperti DVD, sehingga penumpang bisa terhibur selama perjalanan. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, apakah TV di kabin bus mulai kurang diminati?

Penggiat Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya, mengatakan, fitur TV yang ada di kabin bus tampaknya semakin kurang diminati oleh penumpang.

“Semakin ke sini kayaknya TV sudah kurang diminati untuk bus malam. Apalagi anak muda lebih senang pakai gadget, jadi lebih butuh fasilitas charger dan wifi,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (27/8/2020).

Bus-bus saat ini juga biasanya sudah memberikan fasilitas berupa colokan listrik dan USB di setiap bangkunya, sehingga penumpang tidak khawatir akan kehabisan daya ponselnya saat dalam perjalanan.

Selain itu, Dimas juga mengatakan, TV yang ada di kabin bus merupakan fitur standar, yang menjadi opsional yaitu ukuran layarnya. TV yang ada di bus juga biasa digunakan untuk memutar musik pada bus dengan trayek dekat atau antarkota dalam provinsi (AKDP).

Selain TV, beberapa bus kelas eksekutif atau suites class yang sudah menyertakan audio video on demand (AVOD) pada setiap bangkunya. Bedanya dengan TV, penumpang bisa memilih apa yang ingin dilihat atau didengar melalui AVOD.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/28/112200215/peranti-hiburan-tv-pada-bus-yang-mulai-ditinggalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke