Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

R1 Replika Petronas Yamaha Dijual Hanya 46 Unit, Tembus Rp 800 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) punya cara tersendiri untuk merayakan ulang tahun ke-46 sponsor utamanya, yaitu Petronas.

Ditugaskan pada Yamaha Austria Racing Team (YART) GYTR Pro Shop, didukung oleh Yamaha Motor Europe dan tim Petronas Yamaha itu sendiri, para teknisi YART membuat replika motor MotoGP dengan basis YZF-R1.

Dikutip dari sepangracingteam.com, berbagai modifikasi dilakukan untuk membuat spesifikasi R1 mendekati motor MotoGP Yamaha M1. Bahkan, pembuatan fairing dan pengecatan livery pun tak sembarang dilakukan.

Fairing berikut winglet pada R1 replika Petronas Yamaha ini terbuat dari carbon yang ringan dan kuat, dibuat oleh Genuine Yamaha Technology for Racing (GYTR).

Livery atau pengecatan fairing dilakukan oleh perusahaan yang sama yang menangani tim satelit Yamaha tersebut.

Motor replika ini juga memiliki fitur unik lainnya. R1 tersebut dibekali dengan suspensi belakang Ohlins TTX untuk spesifikasi balap, termasuk suspensi depan FGRT 2 road & track. Selain itu, disematkan juga steering damper dan knalpot, yang tentunya memiliki spesifikasi balap.

Untuk rodanya, motor yang hanya akan dibuat sebanyak 46 unit di dunia ini dilengkapi dengan quick-change system dari GYTR. Fungsinya agar pergantian roda bisa lebih cepat. Begitu pula dengan footstep balap, ECU, quick action throttle, serta komponen balap lainnya yang esensial.

Di bagian pengereman, tentunya sudah dilengkapi dengan Brembo, kaliper GP4-RX berkualitas tinggi, dan cakram T-Drive. Brembo juga menyediakan remote brake adjuster dan tuas kopling.

Sedangkan bannya, disuplai oleh Michelin tipe slick untuk depan dan belakang. Karet bundar tersebut melingkari pelek aluminium palang tujuh dari Marchesini.

Pembeli motor replika ini tak hanya akan mendapatkan motor saja. Petronas Yamaha SRT juga akan memberikan helm KYT, kaos polo, dan VIP Guest Pass untuk MotoGP seri apapun pilihan pembeli tersebut.

Pembeli bisa mendaftar terlebih dahulu jika ingin meminang salah satu dari 46 unit yang akam disediakan. Untuk harganya, dibanderol 46.000 euro atau sekitar Rp 800 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/22/092200915/r1-replika-petronas-yamaha-dijual-hanya-46-unit-tembus-rp-800-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke