Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 2 Kebiasaan yang Bikin Helm Jadi Bau Tak Sedap

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm yang lembab akan menyebabkan jamur dan mengeluarkan bau tak sedap. Oleh sebab itu, sang pemilik harus lebih perhatian soal kondisi helmnya.

Priadanis Nugroho Putra, Manager RC Motogarage, penyedia kelengkapan berkendara, mengatakan, ada dua kebiasaan pemilik helm yang tanpa disadari menyebabkan helm bau apak.

“Yang sering menggunakan minyak rambut (pomade) sebelum berpergian. Kandungan minyak yang terdapat pada pomade bisa berdampak negatif terutama pada inner pad-nya,” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pomade yang lengket akan menempel di baian dalam helm dan membuat kotoran melekat. Jika terkena keringat dan tidak dibersihkan atau dikeringkan dengan baik akan menimbulkan bau tak sedap.

Lainnya ialah menggunakan helm saat rambut masih basah. Hal ini berlaku buat pria atau wanita. Biasanya terjadi jika terburu-buru atau tidak punya waktu banyak, sehingga memakai helm saat rambut belum benar-benar kering.

“Biasanya ketika berpergian, tidak sedikit dari mereka yang terburu-buru hingga tidak sempat mengeringkan rambutnya. Terutama wanita yang memiliki rambut panjang,” katanya.

Danis melanjutkan, menggunakan helm dalam kondisi rambut yang masih basah membuat bagian dalam helm lembab dan jadi tempat bakteri. Jika sudah seperti tak heran helm berbau apak.

Maka dari itu pemotor sebaiknya tidak menggunakan helm saat kondisi masih basah, dan hindari pemakaian minyak rambut sebelum berkendara.

“Pastikan juga ventilasi helm masih bekerja dengan baik, agar sirkulasi udara dalam helm bagus sehingga tidak mudah menimbulkan bau,” kata Danis.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/18/142100215/ini-2-kebiasaan-yang-bikin-helm-jadi-bau-tak-sedap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke