Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Pemain Utama Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-57 Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo menyinggung soal perkembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Jokowi mengatakan Indonesia bisa menjadi pemain utama kendaraan ramah lingkungan, sebab baterai yang menjadi sumber tenaga mobil listrik sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

Pengembangan produksi baterai dinilai dapat memperbaiki defisit transaksi berjalan, meningkatkan peluang kerja, sekaligus mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki posisi yang strategis dalam pengembangan baterai lithium untuk mobil listrik.

“Biji nikel telah bisa diolah menjadi feronikel, stainless steel, lembaran baja, dan dikembangkan menjadi bahan utama untuk baterai lithium,” ucap Jokowi, dalam pidatonya, Jumat (14/8/2020).

Terlebih Indonesia juga memiliki ketersediaan bahan baku yang bisa dimanfaatkan untuk produksi baterai kendaraan listrik.

Jokowi menambahkan, kemandirian ini menjadi bukti bahwa Indonesia bisa mandiri dalam pengembangan baterai.

“Hal ini membuat posisi Indonesia menjadi sangat strategis dalam pengembangan baterai lithium mobil listrik dunia dan produsen teknologi di masa depan,”

Seperti diketahui, bahan baku pengembangan baterai lithium seperti nikel dan kobalt terbilang mencukupi di Indonesia.

Pemerintah RI diketahui juga sudah menerima komitmen investasi pada sektor industri pengolahan bahan baku kendaraan listrik.

Misalnya PT QMB New Energy Minerals di Morowali, Sulawesi Tengah, yang telah mengucurkan dana sebesar 700 juta dollar AS.

Kemudian PT Halmahera Persada Lygend yang juga menyuntikkan dana sebesar Rp 14,8 triliun di Halmahera, Maluku Utara.

Tak ketinggalan PT International Chemical Industry yang memproduksi baterai cell lithium ion di dalam negeri dengan nilai investasi Rp 207,5 miliar.

Supaya industri dalam negeri ikut terlibat, pemerintah juga telah membentuk tim yang terdiri dari BUMN di sektor tambang dan energi agar bisa mengembangkan baterai kendaraan listrik.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/14/142100215/jokowi-sebut-indonesia-siap-jadi-pemain-utama-kendaraan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke