Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Helm Motocross Bentuknya Berbeda dengan Full Face?

JAKARTA, KOMPAS.com – Helm motocross memiliki bentuk yang berbeda dibanding helm full face pada umumnya. Walaupun bisa juga dikategorikan full face karena menutupi kepala secara keseluruhan, ada bagian helm motocross yang berbeda.

Helm motocross memiliki bentuk dagu yang lebih panjang dan mengerucut. Kemudian pada bagian dahi juga ada pet yang ukurannya panjang.

Selain itu pada helm motocross juga tidak memiliki visor, jadi pengendara harus memakai kacamata atau goggles tambahan.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, bentuk helm motocross yang berbeda dari helm full face pada umumnya itu bukan berarti tanpa alasan.

“Pertama, motorcross memiliki kecepatan yang lebih pelan daripada motor di aspal. Kemudian pet yang ada di dahi berguna untuk menghalangi tanah atau debu agar tidak langsung kena muka,” kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Jadi pet yang panjang itu memperkecil tanah atau lumpur yang terlempar dari ban belakang motor di depan. Kemudian pet ini juga bisa mengurangi efek kalau hujan, jadi mencegah cipratan air langsung mengenai muka.

“Sama halnya dengan bentuk dagu helm yang mengerucut, berfungsi agar kotoran-kotoran seperti lumpur tidak mudah menempel,” ucap Jusri.

Kalau seperti helm full face biasa, lumpur akan mudah menempel di permukaannya. Sedangkan helm motorcross, tanah atau lumpur sulit menempel pada bagian dagu karena bentuk dan dimensinya yang kecil.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/13/194100415/kenapa-helm-motocross-bentuknya-berbeda-dengan-full-face-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke