Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha XS650 Cafe Racer Pakai Unibody dari Kayu

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil-mobil premium, khususnya mobil Eropa, aksen panel kayu atau wood panel memberikan kesan elegan. Ternyata, konsep tersebut bisa juga diterapkan pada motor custom.

Contohnya adalah motor custom bergaya cafe racer buatan Atelier JAB asal Prancis. Dengan basis Yamaha XS650, sang inisiator Jacques Jouvin bukan terinspirasi dari mobil premium, melainkan dari powerboat alias perahu.

"Ide utamanya adalah membuat bodi monokok dengan garis yang mengalir khas perahu sport mewah Italia dan Amerika di tahun '20-an dan '30-an," ujar Jouvin, dikutip dari Pipeburn.com.

Untuk membangun motor ini, Jouvin mengumpulkan berbagai ahli. Bagian mesin dipercayakan pada Fabien Tourlan dari Atelier Les Becanes, komponen pada Aymeric Romanowski dari Atelier WIK dan Bernard Christy, cat dan pernis pada David Gallet dan Laurent dari Neway Designs, pelek dan suspensi pada Seurat 3, serta ahli XS650, yaiti Twins-inn France dan Sparte Motorcycle.

Hampir tidak ada bagian yang tak tersentuh. Dimulai dari sasisnya yang ditelanjangi dan direstorasi. Bagian mesin dilapisi dengan sandblast dan powder coating dengan efek krom.

"Saya memilih Wenge, kayu bagus yang ditemukan di rumah pensiunan tukang kayu yang memiliki kandang kuda sejak 1976," kata Jouvin.

Pengerjaan kayu untuk bodi ini tidaklah mudah dan tidak murah. Cukup panjang proses yang dikerjakan, mulai dari pembentukan, pengeleman, hingga penyematan aluminium. Setelah bodinya selesai, barulah bagian tangkinya menyesuaikan.

Agar bodi terlindungi dari cuaca, temperatur, dan tahan saat terkena bensin, bodinya dilapisi pernis hingga 12 lapisan.

Untuk mencocokkan dengan bodinya yang sudah terlihat elegan, Jouvin menggunakan jok yang dilapis kulit asli. Bukan hanya bodi saja yang terbuat dari kayu, tapi aksen kayu juga terdapat di bagian tutup oli, spidometer, dan beberapa bagian lainnya.

Segitiga atas dibuat secara custom dengan bahan aluminium. Begitu pula dengan setang jepit atau clip-ons dari material yang sama.

Eksterior sudah dibikin sedemikian rupa, bagian mesin pun tak ketinggalan dibuat sehat. Beberapa komponen sudah diganti dengan yang baru, seperti piston, klep, dan lahernya. Untuk membuat performanya semakin baik, Jouvin mengandalkan karburator Keihin PWK 34.

Tak hanya berpenampilan elegan, XS650 cafe racer ini pastinya juga punya performa yang tak mengecewakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/07/100200015/yamaha-xs650-cafe-racer-pakai-unibody-dari-kayu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke