Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arus Mudik Idul Adha Diprediksi Ramai, Polisi Siapkan Pengamanan

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang hari raya Idul Adha yang jatuh hari Jumat 31 Juli 2020, kepadatan lalu lintas diprediksi meningkat. Terutama di ruas tol yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, mengatakan, arus mudik pada hari raya Idul Adha pekan depan akan mendapat perhatian khusus dari pihak Polri.

Menurut Rudi, sebab hari raya Idul Adha tahun ini bertepatan dengan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Membuat para wisatawan turut memenuhi arus lalu lintas, terutama mereka yang memanfaatkan libur sejak 31 Juli hingga 2 Agustus 2020.

“Pasti akan ada peningkatan atau lonjakan arus lalu lintas,” ujar Rudi, dalam keterangan tertulis (24/7/2020).

Rudi menambahkan, salah satu titik yang menjadi fokus pengecekan, yakni Exit tol Ngawi yang merupakan tol perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain itu juga Gerbang Tol Colomadu, yang menjadi pintu masuk bagi wisatawan atau pemudik dari arah Jakarta dan Semarang menuju Yogyakarta.

Ia mengatakan, gerbang tol ini merupakan tol favorit bagi pengendara dari arah Barat, baik dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah yang menuju Cepu dan Bojonegoro, maupun Surabaya.

“Karena itu untuk antisipasi lonjakan kendaraan, Korlantas Polri mengantisipasi dengan pengaturan kendaraan atau rekayasa lalu lintas. Juga berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat,” kata Rudi.

Rudi juga mengatakan, lonjakan volume kendaraan dapat diantisipasi dengan membuka delapan gerbang tambahan. Berikut pengadaan mobile reader yang bisa mengurangi antrean kendaraan di gerbang tol.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/27/092200015/arus-mudik-idul-adha-diprediksi-ramai-polisi-siapkan-pengamanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke