Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Xpander dan Livina, Serupa tapi Tak Sama.

Meski demikian, pembeda tetap harus jelas agar bisa berbagai pasar. Untuk itu, mari kita bandingkan Xpander Ultimate dan Nissan Livina VL, mengingat perbedaan harga yang tidak jauh hanya Rp 1 jutaan, kira-kira seperti apa perbedaan fiturnya?

Perfoma

Baik Xpander dan Livina, menggunakan mesin dan transmisi yang sama, bahkan output yang dikeluarkan juga sama.

Mengusung mesin 4 silinder 1.499 cc dengan katup variabel ganda. Tenaga yang dihasilkan 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Keduanya juga menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan yang dapat menyalurkan output ke penggerak roda depan.

Memiliki kerangka yang sama, baik Xpander maupun Livina dibekali dengan suspensi McPherson strut di depan, torison beam belakang, serta stabilizier di depan.

Dimensi

Nissan Livina memiliki dimensi yang sedikit lebih panjang. Hal ini disebabkan oleh desain wajah yang berbeda. Livina LV memiliki panjang 4.510 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.700 mm.

Sementara Xpander Ultimate memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.700 mm.

Ekterior

Jika dilihat dari sisi depan, sudah terlihat jelas perbedaannya. Kalau wajah Xpander terkesan tangguh, berbeda dengan Livina yang nampak lebih kalem dan elegan.

Seperti pada bagian lampu, livina memiliki positioning lamp dan daytime running (DRL) LED, sedangkan Xpander belum menggunakan fitur ini.

Untuk list chrome pada bagian samping seklias terlihat mirip, dan keduanya memiliki desain pelek dan ukuran yang sama yakni 16 inci.

Interior

Soal kabin, Xpander Ultimate menggunakan warna beige yang cerah menciptakan kesan lapang dan berkelas namun mudah kotor. Sedangkan Livina, didominasi oleh warna hitam, yang dilengkapi dengan bahan kulit untuk membungkus joknya.

Xpander Ultimate dibekali dengan layar sentuh 6.2 inci, sedangkan Livina VL 7 inci. Soal fitur, Livina lebih memiliki banyak keunggulan, karena sudah terhubung dengan smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Sementara Xpander hanya bisa menggunakan konektivitas USB dan Bluetooth.

Pada sisi kanan kemudi, Xpander Ultimate sudah dibekali dengan tombol cruise control, sementara untuk Livina versi termahal pun belum tersemat fitur ini.

Baik keduanya sudah didukung dengan teknologi keyless dan tombol start/stop untuk menyalakan atau mematikan mesin.

Fitur Keamanan

Baik Xpander Ultimate dan Nissan Livina VL sudah menggunakan fitur keselamatan yang sama. Mulai dari dual SRS airbag, rem dengan ABS+EBD+BA, kendali traksi, kendali kestabilan (VDC) dan hill start assist.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/19/152100615/komparasi-xpander-dan-livina-serupa-tapi-tak-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke