Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Bakal Kedatangan 10 Merek Motor Listrik Baru

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam beberapa tahun terakhir, industri otomotif mulai mengarah pada perkembangan kendaraan listrik. Beberapa merek sepeda motor misalnya, tengah fokus menjajakan motor listrik untuk konsumen Indonesia.

Ke depannya, merek-merek yang menjual motor listrik akan bertambah. Hal ini tentu sejalan dengan rencana pemerintah yang telah mengeluarkan aturan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, mengatakan, saat ini sudah ada sejumlah perusahaan yang mengajukan izin untuk berinvestasi di industrik kendaraan listrik.

“Untuk sepeda motor, terutama yang roda dua kendaraan listrik ini berkembang. Di masa pandemi ini ada 10 perusahaan industri yang investasi dan mengajukan NIK atau nomor induk kendaraan,” ujar Putu, dalam diskusi virtual (17/7/2020).

Menurut Putu, NIK dibutuhkan sebagai syarat buat perusahaan yang ingin memproduksi kendaraan baru.

Selanjutnya, perusahaan tersebut baru bisa memproduksi dan melakukan uji tipe kendaraan baru sebelum dijual secara massal.

Walau demikian, Putu tidak merinci perusahaan mana saja yang berniat melakukan investasi kendaraan listrik di Indonesia.

Ia hanya mengatakan, peluang kendaraan listrik di Indonesia masih terbuka lebar meski keadaan sedang dalam pandemi virus corona.

“Kalau lihat perkembangan industri kendaraan listrik sangat anomali. Bahwa kendaraan konvensional ini sangat terpukul oleh pandemi Covid-19, tetapi di kendaraan listrik ini baik dunia maupun Indonesia perkembangannya cukup bagus,” kata Putu.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/18/162200715/indonesia-bakal-kedatangan-10-merek-motor-listrik-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke