Salin Artikel

Begini Tata Cara Menyalip Bus dan Truk yang Benar

Jusri Pulubuhu, Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, prinsip ketika menyalip ada tiga, pertama penting, perlu, dan apakah boleh atau tidak menyalip di kondisi tersebut.

"Prosedur sebelum menyalip, yaitu perlu atau tidak menyalip, sebab biasanya kecelakaan terjadi di Indonesia atau luar negeri itu kalau kita pilah-pilah karena menyalip yang salah," kata Jusri kepada Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Prosesnya menyalip kendaraan sebetulnya sederhana, kata Jusri. Pertama lihat spion belakang, kemudian shoulder ceck atau melihat kondisi depan. Kalau aman pindah lajur tambahkan kecepatan dan menyalip.

Tapi nyatanya tidak semudah itu. Banyak faktor yang membuat menyalip juga jadi tindakan berisiko. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga kendaraan di depannya. Baik yang disalip atau kendaraan lain di lajur berlawanan.

"Kalau kita tidak paham dan sekadar menyalip, bus atau truk ini tidak melihat posisi kita, karena yang namanya blind spot bus juga besar. Blind spot itu linier dengan dimensi, semakin besar badannya makin besar blind spot," kata Jusri.

Berikut cara menyalip bus dan truk yang benar versi Jusri Pulubuhu:

1. Pastikan sopir bus dan truk tahu posisi kita

Bagaimana kita monitor agar sopir tahu keberadaan kita. Sebelum menyalip posisikan badan mobil atau motor sampai kita bisa melihat kaca spion dia dan melihat gambaran muka atau minimal kepalanya.

"Kalau kita tidak bisa melihat kepalanya, kita artinya berada di sisi blind sopt dia. Jika begitu tandanya sopir tidak bisa melihat kita walau kita ada di samping dia," kata Jusri.

2. Komunikasi pakai klakson atau sein

Kalau umpamanya kita tidak bisa lihat kepala sopir dari spion, maka kita harus mundur sambil mengurangi kecepatan dan bunyikan klakson.

"Usahakan komunikasi sampai ada indikasi dari sopir mengerti, seperti dia memberikan sein ke kiri atau ke kanan. Jika belum ada tanda jangan nyalip," kata Jusri.

Jika sopir sudah memberikan isyarat tersebut tandanya dia tahu keberaan kita. Seperti membunyikan klakson, memberikan sein atau sedikit minggir ke kiri.

"Kalau sudah begitu atau gayanya minggir ke kiri segera proses (menyalip)," kata Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/19/130200815/begini-tata-cara-menyalip-bus-dan-truk-yang-benar-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.