Salin Artikel

Ketahui 3 Bahaya Parkir Mobil di Bawah Pohon

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih tempat parkir untuk mobil kesayangan tidak boleh sembarangan. Harus mencari tempat aman dan terhindar dari berbagai risiko, yang bisa menimbulkan kerusakan pada kendaraan.

Tetapi, selama ini tidak sedikit yang masih mengabaikan perihal tersebut. Salah satunya, dengan memilih menempatkan mobil di bawah pohon.

Sebagai pertimbangan adalah di bawah pohon mobil bisa terhindar dari sengatan matahari langsung yang bisa merusak cat maupun komponen lainnya.

Padahal, dibalik teduhnya pohon ada berbagai ancaman yang justru bisa lebih berbahaya dibandingkan dengan sengatan matahari.

Berikut tiga risiko yang bisa terjadi saat parkir di bawah pohon

1. Mobil terkena getah

Meski terhindar dari sengatan matahari, mobil yang parkir di bawah pohon bisa terkena getah pohon yang menetes.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, jika getah pohon menempel pada bodi mobil bisa menyebabkan kerusakan parah pada cat mobil.

Bahkan ada beberapa jenis getah pohon yang memang tidak bisa dihilangkan meski sudah dipoles akan tetap meninggalkan bekas.

“Beberapa jenis pohon yang getahnya itu sangat jahat, kalau sudah menempel bisa masuk sampai ke pori-pori. Meskipun sudah dipoles tetap saja masih ada bekasnya,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

2. Bahaya kotoran burung

Risiko lain yang bisa terjadi pada mobil yang parkir di bawah pohon adalah terkena kotoran burung. Seperti diketahui, selama ini burung banyak bersarang di dahan-dahan pohon.

Sehingga, saat mobil berada di bawahnya risiko terkena kotoran burung pun akan semakin besar.

Kotoran burung yang menempel pada bodi mobil juga tidak bisa dianggap sepele. Hal ini karena kotoran burung juga bisa menyebabkan kerusakan pada cat mobil.

“Selain getah, kotoran burung juga bisa merusak cat mobil. Mungkin ada kandungan (zat) apa pada kotorannya,” katanya.

3. Rawan penyok

Risiko yang ketiga saat parkir di bawah pohon adalah mobil bisa tertimpa bagian dari pohon, bisa tertimpa dahan, ranting, buahnya atau bahkan tertimpa pohonnya.

Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu risiko bencana memang bisa saja terjadi kapan saja termasuk terjadinya pohon tumbang.

“Kalau sampai pohon tumbang atau bahkan ada buah yang terjatuh bisa membuat mobil penyok,” kata Suparna.

Dengan berbagai risiko yang bisa terjadi ini, Suparna pun menyarankan kepada pemilik mobil agar memilih tempat yang lebih aman dan menghindari parkir di bawah pohon.

Meskipun, selama ini banyak yang beranggapan bahwa parkir di bawah pohon akan membuat eksterior maupun interior mobil menjadi lebih awet karena terhindar dari sengatan matahari langsung.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/01/120100715/ketahui-3-bahaya-parkir-mobil-di-bawah-pohon

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.