Salin Artikel

Ada Wacana Ojol Pakai Sekat Partisi, Amankah buat Berkendara?

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini ojek online statusnya masih dilarang pemerintah untuk mengantar penumpang. Sementara untuk antar barang atau pesan makanan diperbolehkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Dalam menghadapi skema hidup baru atau new normal, muncul beragam ide agar ojek online bisa beradaptasi, tujuannya agar driver ojek online bisa beroperasi normal dengan menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya, dengan menyematkan sekat partisi di antara driver dan penumpang ojek online. Sekat ini terbuat dari bahan akrilik, dan diharapkan bisa mengurangi kontak langsung terutama saat berkendara.

“Menurut saya penggunaan partisi akan menambah tahanan angin, keseimbangan motor bisa lebih berat,” ujar Sony, kepada Kompas.com (30/5/2020).

“Sebenarnya masker, helm dan jaket sudah membatasi penyebaran virus. Apalagi (partisi) tidak sampai ke area muka drivernya juga,” katanya.

Sony mengatakan, menjaga kebersihan helm, jaket, dan masker jadi cara yang lebih efektif untuk menghindari penyebaran virus corona di kalangan ojek online.

“Bicara physical distancing itu benar, tapi kurang smart. Jadi dari sisi safety akan mengganggu walaupun dari sisi kesehatan terlihat baik,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/30/172100115/ada-wacana-ojol-pakai-sekat-partisi-amankah-buat-berkendara-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.