Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lawan Covid-19, Toyota Serahkan Modifikasi Innova Ambulans

JAKARTA, KOMPAS.com – Melengkapi donasi sebelumnya, Toyota Indonesia dan PT Serasi Raya (SERA) kembali menyerahkan bantuan mobilitas dan peralatan medis guna mendukung penanggulangan wabah Covid-19 kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda mengatakan, pemberian donasi merupakan simpati yang terdalam kepada semua pihak yang terdampak Covid-19 serta apresiasi bagi tenaga medis dan pemerintah.

"Melengkapi yang sudah kami serahkan sebelumnya, semoga dukungan yang kami berikan ini dapat berkontribusi bagi kelancaran penanggulangan yang merupakan salah satu kunci keberhasilan kita bersama untuk menghadapi wabah ini," ucap Matsuda dalam keterangan resminya, Kamis (21/5/2020).

TAM dan SERA yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk, dalam bidang jasa layanan transportasi, penjualan kendaraan seken, dan logistik melalui jasa layanan transportasi TRAC mensiagakan 48 Avanza.

MPV murah tersebut disiapkan lengkap dengan SDM professional yang mengutaman protokol keselamatan dan kesehatan yang ketat, seprti physical distancing, disinfektan, pemakaian APD, dan standar operasional khusus lainnya, untuk mempermudah mobilitas para tenaga medis yang nantinya akan beroperasi di bawah arahan Kemenkes.

Secara total, terdapat 68 unit kendaraan Avanza yang siap membantu, baik melalui PMI maupun Kementerian Kesehatan yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

"Kami harap pengalaman dan juga expertise kami bersama Toyota ditransportasi, dapat memberikan aksi nyata mempermudah mobilitas tim medis dalam bekerja dan berjuang demi keselamatan dan kesehatan kita bersama sehingga pandemi ini dapat segera berakhir," kata Firman Yosafat Siregar, Presiden Direktur SERA.

Tak hanya itu, Toyota juga menyerahkan tiga unit Kijang Innova yang telah dimodifikasi menjadi ambulans untuk membantu penanganan wabah COVID-19 kepada Kemenkes. Secara total, ada lima unit ambulans Innova yang dua diantara sudah diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Sebanyak 59.500 APD juga turut disumbang Toyota sebagai bentuk bantuan penanganan medis yang terdiri dari gloves, protection clothes, disposable medical mask, medical goggle, medical cap, shoe cover, dan face shield, serta Vitamin. Bila diakumulasi secara nilai, total bantuan Toyota dan SERA yang diberikan ke Kemenkes sebesar Rp 8,2 miliar.

"Sebagai bentuk semangat #ToyotaAdaUntukAnda, kami ingin dapat berperan aktif memberikan dukungan. Kami harap bantuan mobilitas dan juga ambulans ini dapat berperan serta dalam meminimalisir peningkatan wabah ini," kata Vice President Director PT TAM Henry Tanoto.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/22/125119915/lawan-covid-19-toyota-serahkan-modifikasi-innova-ambulans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke