Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang New Normal, Latih Kebiasaan Ini Setelah Berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah berkali-kali diperpanjang dan akan segera dihentikan. Meski demikian, kabarnya, Indonesia sebentar lagi akan memasuki fase baru yang disebut "new normal".

New normal adalah pola hidup baru yang ditandai dengan penyesuaian perilaku di tengah pandemi Covid-19 dengan cara menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian.

Protokol kesehatan tersebut antara lain selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker saat keluar rumah, physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

Meskipun sudah menggunakan masker atau pun sarung tangan, bukan berarti bisa begitu saja melupakan potensi penyebaran virus mematikan tersebut.

dr. Sumartono Karjo, dokter umum yang praktik di Solo, Jawa Tengah, mengatakan, menjaga kebersihan terutama pada tangan merupakan hal wajib yang tidak boleh dilupakan.

“Sebetulnya cuma menjaga jarak dari orang lain, sahabat sekalipun, tetap menjaga kebersihan tangan dan benda yang sering dipegang,” katanya, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Mantan Direktur RSUD Ngipang, Solo, itu menyarankan, agar setelah melakukan aktivitas di luar rumah agar langsung mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh benda lain.

“Sesampai di rumah selalu berpikir seolah tubuh kita ini penuh virus, jadi baju, sepatu dan lainnya ditaruh di tempat yang aman. Setelah itu mandi pakai baju yang bersih baru memulai kegiatan,” ujar Sumartono.

Selain itu, Sumartono juga menyarankan, agar menyemprotkan disinfektan ke benda-benda yang sering dipegang atau digunakan.

Bahkan, pada sarung tangan atau sepatu yang dipakai untuk beraktivitas. Menurutnya, dengan tetap menjaga kebersihan benda-benda tersebut maka bisa mencegah dari penyebaran virus corona.

“Menyemprotkan disinfektan ke benda mati bagus, termasuk pada sarung tangan dan sepatu. Saya saya kalau baru menerima uang saya semprot menggunakan disinfektan dan biarkan selama 5-10 menit baru saya masukkan,” kata Sumartono.

Salah satu dokter yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta, Arina Hidayati juga menyarankan, agar baju yang baru saja dipakai untuk berkendara atau beraktivitas di luar rumah jangan digantung.

“Jangan menggantung baju yang telah dipakai, lebih baik langsung dicuci. Jangan pegang benda apapun, jangan bersandar dan langsung ganti baju, cuci tangan, kaki dan muka kalau perlu mandi,” ujar Arina.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/20/160900415/jelang-new-normal-latih-kebiasaan-ini-setelah-berkendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke