Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Rumah Aja, Sambil Bersihkan Ruang Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), hampir seluruh masyarakat menghabiskan waktu di rumah aja.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan dengan merawat kendaraan kesayangan di rumah, salah satunya adalah membersihkan ruang mesin mobil. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebab, jika salah langkah, akibatnya bisa fatal.

Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi mengatakan, pembersihan mesin mobil sebisa mungkin jangan menggunakan air. Cukup dilap saja atau menggunakan kemoceng dan sikat gigi (khusus bagian kecil).

“Jika sulit, gunakan cairan pembersih khusus. Namun, jangan dipaksakan untuk masuk ke bagian-bagian yang sulit diraih,” ujar Hadi kepada Kompas.com.

Pastikan bagian-bagian elektrikal seperti ECU, altenator, aki, dan soket-soket kelistrikan lainnya tertutup rapat sebelum, selama, dan setelah dilakukan pembersihkan. Supaya debu dan cairan tidak masuk dan mengganggu kinerja elektrikal mobil.

Hadi melanjutkan, Jika harus membersihkan kolong mesin, pastikan bagian elektrikal tadi sudah dalam kondisi tertutup rapat. Gunakan air bertekanan rendah dalam waktu yang relatif sebentar (kurang dari dua menit).

“Jika terlalu lama, dikhawatirkan akan membuat beberapa komponen rusak atau meninggalkan jamur,” katanya.

Selanjutnya, segera keringkan bagian tersebut. Baiknya, dalam proses ini dibantu oleh kompresor supaya air yang menempel di sela-sela terkecil bisa dikeringkan.

“Terakhir, lap bagian tersebut menggunakan kain microfiber atau lap kanebo. Tetapi ingat, sebisa mungkin bagian mesin jangan disiram, cukup dilap saja atau debu-debu dibersihkan. Jika memang perlu dicuci, sebaiknya bawa ke salon mobil, langkah ini lebih aman,” kata Hadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/13/110200115/di-rumah-aja-sambil-bersihkan-ruang-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke