Salin Artikel

Tak Ada Toleransi, Semua Kendaraan yang Nekat Mudik Wajib Putar Balik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran kepolisian akan mengambil sikap tegas, dan meminta seluruh pengendara kendaraan yang ingin mudik ke kampung halamannya untuk putar balik.

Tindakan tegas ini menindaklanjuti adanya larangan pemerintah melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) PM no 25 tahun 2020 tentang, Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H.

Dengan adanya larangan mudik yang berlaku sejak Jumat (24/4/2020) ini diharapkan mampu mencegah semakin luasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan, untuk pelarangan mudik ini berlaku untuk semua pengemudi kendaraan.

Baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang diketahui mengangkut penumpang untuk mudik.

“Semuanya yang akan mudik kami minta untuk putar balik, meskipun kendaraan tersebut mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/4/2020).

Menurutnya, perintah putar balik bagi kendaraan ini sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni tentang larangan mudik.

Sehingga, tidak ada alasan untuk memberikan toleransi atau membiarkan para pengemudi untuk melanjutkan perjalanannya menuju kampung halaman.

“Ya memang aturannya kan dilarang mudik, dan mereka juga diketahui akan mudik makanya harus putar balik,” ucapnya.

Yusri menambahkan, saat ini penyekatan kendaraan pemudik difokuskan di dua titik utama, yakni di pintu tol Bitung dan di CIkarang barat.

Sebagai pertimbangan, dua titik tersebut merupakan lokasi di mana banyak kendaraan pemudik yang ingin meninggalkan ibu kota.

“Yang paling banyak di dua titik itu, jadi yang mendominasi tetap kendaraan roda empat. Seperti mereka ingin ke tol Cikampek atau yang akan ke Merak,” kata Yusri.

Sementara, lanjutnya, untuk kendaraan yang bebas beroperasi seperti truk pengangkut logistik, bahan bakar minyak (BBM), kesehatan dan kendaraan lainnya tetap diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanannya.

“Kecuali kendaraan yang diperbolehkan untuk melintas kami tidak akan minta untuk putar balik,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/27/112200315/tak-ada-toleransi-semua-kendaraan-yang-nekat-mudik-wajib-putar-balik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.