Salin Artikel

Fungsi Stabilizer Rantai Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor ada komponen bernama stabilizer rantai. Biasanya terdapat di motor trail tapi juga bisa dipasang di motor jalan raya sebagai aksesori.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menjelaskan, untuk motor trail fungsi utama stabilizer rantai ialah menjaga rantai tidak bergeser atau terlepas dari gir.

"Fungsinya adalah menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Pemakaian di medan off-road kan guncangannya sangat ekstrim. Selain itu, jarak main swing arm juga jauh untuk motor trail," kata Rendra kepada Kompas.com, belum lama ini.

Karena itu meski terlihat sepele stabilizer rantai punya tugas yang tidak kecil karena menjaga rantai tetap di jalurnya. 

"Fungsi lain dari stabilizer rantai membersihkan rantai saat kotor terkena lumpur karena rantai yang kotor dapat mempengaruhi performa," katanya.

Rendra menambahkan, stabilizer rantai bisa juga digunakan untuk motor jalan raya tapi tidak seperlu motor trail. Sebab komponen ini juga bisa berfungsi menekan rantai yang kendur agar tetap stabil.

"Motor biasa bisa dipasangkan, tapi kalau motor biasa dengan pemakaian di jalan raya kan enggak ekstrem seperti di off-road," kata Rendra.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/26/170100515/fungsi-stabilizer-rantai-sepeda-motor

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.