Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dilema Memilih Helm untuk Bikers dengan Kacamata

JAKARTA, KOMPAS.com – Helm merupakan riding gear yang wajib buat setiap pengendara sepeda motor alias bikers ketika berkendara. Fungsi helm yaitu untuk melindungi bagian vital manusia, kepala ketika terjadi kecelakaan.

Bagi bikers yang menggunakan kacamata jadi kendala tersendiri, karena umumnya desain helm diciptakan universal dan bagi orang dengan fisik normal.

“Dulu, bikers yang berkacamata untuk menyiasatinya yaitu dengan menaikan fitting ukuran helm. Hal ini dilakukan agar kacamata bisa masuk ke helm,” ucap Ahmad M, salah satu pegiat komunitas pecinta helm, Belajar Helm, kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Namun sebenarnya jika menggunakan helm yang ukurannya longgar, ada bahaya tersendiri. Ahmad mengatakan, kalau helm longgar justru bisa terlepas dari kepala ketika berbenturan. Kondisi ini, membuat fungsi melindungi helm jadi berkurang.

Bagi rider yang berkacamata, menggunakan helm yang terlalu kecil juga menjadi tidak nyaman. Telinga akan terasa sakit karena gagang kacamata yang menekan kuping ketika riding dengan waktu yang lama.

“Rasa nyeri pada telinga ketika pakai helm dikarenakan fitting helm yang terlalu kecil. Biasanya efek helm yang kesempitan seperti itu,” kata Ahmad.

Namun untuk saat ini beberapa produsen helm sudah memiliki bentuk busa yang mempunyai rongga khusus untuk kacamata. Jadi rider yang berkacamata bisa tetap menggunakan fitting helm yang pas tanpa mengurangi keamanan dari helm tersebut.

Selain it, pemilihan helm half face juga jadi alternatif, karena punya ruang wajah terbuka, sehingga lebih fleksibel mengenakan kacamata sambil pakai pelindung kepala.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/23/104200115/dilema-memilih-helm-untuk-bikers-dengan-kacamata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke