Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Plus Minus Pikap Kabin Ganda Dipakai Sehari-hari

JAKARTA, KOMPAS.com – Model kendaraan yang ada di Indonesia banyak jenisnya. Salah satunya, yaitu double cabin (Dcab). Pikap kabin ganda ini biasanya digunakan di area tambang ataupun perkebunan.

Hal ini dikarenakan kemampuan 4X4-nya yang bisa melibas jalan yang kondisinya kurang baik. Selain untuk kebutuhan operasional tambang, tak sedikit yang menggunakannya di jalan perkotaan.

Pemilik Dcab biasanya tidak menggunakan mobilnya untuk harian, namun ada saja yang memakainya untuk kegiatan sehari-hari di tengah kota.

Selain itu, biasanya pemilik Dcab biasanya memiliki mobil lain untuk kegiatan sehari-hari.

Lalu jika digunakan untuk kegiatan sehari-hari di pusat kota, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Dcab dibanding kendaraan jenis lain?

Adit, salah satu anggota komunitas DCab ID, mengatakan, berdasarkan pengalamannya, ada keuntungan dan kekurangan dari menggunakan Dcab.

“Keuntungannya banyak, tidak khawatir banjir, punya fitur untuk segala medan, daya angkut juga banyak, kapasitas tangki besar (75 liter), suspensi kuat jadi tidak khawatir melewati jalan rusak,” kata Adit kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Adit juga mengatakan kalau Dcab bisa dipakai untuk usaha dan kenyamanan dari interior dan suspensinya yang lebih baik dibanding mobil penumpang lain.

Namun dibalik keuntungan itu, ada kekurangan yang harus diterima pemilik Dcab.

“Pertama, sulit di bawa ke jalan yang kecil, karena dimensi dan bobotnya yang besar. Kedua, karena termasuk kategori mobil pick up, harus uji KIR setiap enam bulan sekali,” ucap Adit.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/18/141157215/plus-minus-pikap-kabin-ganda-dipakai-sehari-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke