Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gigi Mundur Mobil Transmisi Manual, Tak Semua Sama

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa mobil pabrikan Eropa model transmisi gigi mundur ke arah depan memang sudah menjadi ciri khasnya.

Berbeda dengan konsumen otomotif yang selama ini menggunakan model MPV terutama produk jepang, posisi gigi mundur biasanya berada pada sisi kanan bawah, tepat pada posisi berlawanan gigi lima.

Namun, saat ini model transmisi gigi mundur tidak hanya ada pada mobil Eropa. Ada beberapa mobil jepang yang sudah memakai model cincin untuk memasukkan gigi mundurnya. Kira-kira mobil apa saja?

1. Toyota Sienta

Umumnya, transmisi manual hanya memiliki lima percepatan dengan gigi mundur (R) ke pojok kanan bawah tepat di bawah gigi kelima.

Berbeda dengan Sienta 6-speed, dengan pilihan kanan bawah menjadi gigi enam. Lalu bagaimana dengan gigi mundur? Caranya mudah, posisi transmisi R di pojok kiri atas, sebelah gigi kesatu.

Pada bagian tuas transmisi, terdapat ring atau menyerupai cincin berwarna senada. Setelah itu, tarik cincin ke atas.

Kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung atas. Jika sudah seperti itu, kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) 7 penumpang tersebut sudah bisa berjalan mundur.

2. Chevrolet Spin

Hampir sama dengan mobil Toyota Sienta, ketika ingin memundurkan mobil, harus menarik cincin pengaman dituas transmisi terlebih dahulu sambil dipindahkan ke gigi mundur.

3. Mitsubishi Xpander

Model transmisi manual Mitsubishi Xpander memiliki posisi gigi mundur atau reverse di kiri atas.

Untuk memasukkan gigi mundur tersebut, pengemudi harus menarik cincin yang berada di bawah knob transmisi ke arah atas lalu arahkan tuas ke posisi paling kiri untuk kemudian arahkan maju ke depan.

4. Kia Rio

Cara menggunakan gigi mundurnya pun sama, yaitu dengan tarik cincin ke atas, kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung kiri atas.

Cincin pengaman tersebut sebenarnya berfungsi melindungi pengemudi agar tidak canggung ketika harus mengoper ke gigi rendah, sehingga tuas gigi akan pindah ke gigi mundur hanya jika cincin pengamannya ditarik.

Jadi driver tidak perlu khawatir jika tidak sengaja melakukan perpindahan gigi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/24/134200815/gigi-mundur-mobil-transmisi-manual-tak-semua-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke