Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Swingarm Limbah Moge Paling Populer untuk Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Swingarm copotan sepeda motor gede (moge) alias limbah moge, banyak digunakan para pemilik motor sport yang ingin memodifikasi tunggangannya. Sebab, swingarm itu dapat menunjang tampilan di bagian kaki-kaki menjadi lebih kekar.

Swingarm limbah moge banyak diandalkan para modifikator untuk membuat kesan pada bagian kaki-kaki lebih padat berisi. Sebab, swingarm tersebut bisa dijejali dengan pelek belakang yang lebar.

Rudy Gunawan, modifikator senior dari Berkat Motor di bilangan Ciledug, Tangerang, mengatakan, ada beberapa moge jadul yang biasa diambil swingarm-nya.

"Kalau dulu, banyak yang pakai swingarm milik Suzuki, seperti GSX-R400 dan Bandit," ujar Rudy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Selain Suzuki, Rudy juga mengatakan, swingarm milik Aprilia RS 125 jadi salah satu yang paling populer. Meskipun, bukan termasuk kategori moge jika dilihat dari kapasitas mesinnya. Sebab, modelnya paling berbeda dari moge lainnya.

"Aprilia RS 125 pakai swingarm model banana atau banyak disebut swingarm pisang. Sebab, bentuknya yang melengkung. Selain itu, Cagiva Mito 125 juga banyak yang pakai," kata Rudy.

Tak hanya moge, swingarm dari motor dengan kapasitas kecil atau 150 cc juga banyak dicari. Khususnya swingarm milik Honda NSR 150 SP.

Swingarm model ini biasa disebut dengan single-sided arm atau mono arm.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/21/104200415/swingarm-limbah-moge-paling-populer-untuk-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke