Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada Jebakan Batman Jalan Rusak Sehabis Banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara sepeda motor setiap hari selama berbulan-bulan, melewati jalan yang sama, membuat tingkat kewaspadaan berkurang. Apalagi pascabanjir, membuat sejumlah jalan yang tadinya mulus, menjadi rusak, sehingga terciptalah rintangan di jalan alias jebakan batman yang bisa membahayakan keselamatan.

Biasanya, level kewaspadaan ini semakin turun ketika tengah melintas di malam hari, saat penerangan jalan kurang. Jalan yang semula mulus, tiba-tiba ada lubang di tengah, membuat pengendara motor bisa mengambil sikap dalam kondisi singkat.

Usai hujan deras apalagi sampai menggenang biasanya membuat lapisan aspal jalan terkikis, hingga berlubang.

Khusus untuk pengguna motor, jalan rusak merupakan musuh di jalan raya. Tak jarang pemotor jatuh karena menghantam lubang atau jalan licin karena pasir atau kerikil yang terlepas dari aspal akibat tergenang air.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, khusus untuk pemotor, ketika akan berkendara pastikan sebelumnya mengetahui rute yang yang akan dilalui.

"Tapi apabila kita baru sekali lewat dan menemui rute seperti itu maka penggunaan rem harus diatur. Jika lubang banyak pasir atau rusak berat kurangi rem depan dan perbanyak rem belakang," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (28/2/202).

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, memahami teknik pengereman yang benar adalah suatu keharusan. Sebab motor adalah kendaraan yang tidak mengenal stabilitas saat bergerak.

"Saat terlalu kencang motor akan kehilangan traksi, sedangkan kalau terlalu pelan akan ditarik oleh gravitasi. Karena itu kita harus tahu cara mengerem yang dianjurkan di tiap tingkat kecepatan," kata Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/29/082200615/waspada-jebakan-batman-jalan-rusak-sehabis-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke