Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bedah Rangka Baru Yamaha NMAX Baru, Beda Jauh dari yang Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Yamaha NMAX tidak hanya dibekali fitur dan rombakan pada mesin. Produsen sepeda motor berlambang gapu tala itu juga melakukan perbaikan pada sasis atau rangka baru.

Ridwan Arifin, Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, desain sasis ini benar-benar baru dan berbeda dari punya NMAX model lawas maupun yang dipakai Aerox 155.

"Dari mesin sudah oke tapi kalau motornya goyang-goyang juga tidak enak. Untuk itu New NMAX ini mengalami perubahan, sasisnya benar-benar baru. Tidak sama dengan NMAX lama atau Aerox," kata Ridwan di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Ridwan mengatakan, desain rangka baru ini dirancang untuk mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Sehingga pada akhirnya meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara.

Dari materi yang diberikan Yamaha, terlihat rangka All New NMAX dibuat lebih kompak. Tulang atasnya dibuat lebih sempit dan kecil, sedangkan bagian bawahnya (cradle) lebih melengkung.

"Rangka di desain lebih rigid dan ringan. Ada beberapa titik yang diperkuat, seperti di depan, di ekor (belakang) dan bagian bawah. Jadi enak dibuat nikung lebih balance tapi ringan," katanya.

Adapun soal mesin, ubahannya cukup banyak, mulai dari pemakaian piston YZF-R15 dengan dome atau bagian atas piston yang rata, klep atau valve lebih lebar, kompresi lebih tinggi dan saringan udara yang lebih besar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/04/110200715/bedah-rangka-baru-yamaha-nmax-baru-beda-jauh-dari-yang-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke