Salin Artikel

7 Bagian Mesin yang Perlu Rajin Dicek saat Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, sepeda motor tak hanya harus dibersihkan, tapi juga perlu dilakukan pengecekan dan perawatan. Selain tampilan luarnya, area mesin dan sekitarnya juga perlu diperhatikan.

Sebab, area mesin juga menjadi bagian yang cukup vital saat berkendara di musim hujan. Tentu akan merepotkan jika motor tiba-tiba mogok saat berkendara di tengah hujan atau saat menerjang genangan air. Berikut ini ada 7 bagian mesin yang perlu rajin dicek saat musim hujan:

1. Busi dan Tutup Busi

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, bahwa busi dan tutup busi termasuk bagian yang vital pada motor. Tanpa busi, motor tidak akan bisa menyala.

"Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan dan penggantian busi secara berkala," kata Ade, dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, pemeriksaan tutup busi dapat dilakukan dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi. Kemudian, bersihkan air dan kotoran pada tutup busi agar kembali bersih.

2. Saringan Udara

Pastikan komponen saringan udara tidak tersumbat. Jika komponen motor yang satu ini basah, maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu dan juga performa motor akan terasa berat serta kurang bertenaga.

"Cara perawatannya adalah dengan melakukan pengecekan dan penggantian saringan udara secara berkala," ujar Ade.

3. Knalpot

Ade menambahkan, kotoran air hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian bodi dan spakbor, tapi juga menempel pada bagian dalam leher knalpot. Maka itu, sebaiknya bersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna.

4. Konektor Kabel

"Jika motor memiliki bodi yang terbuka, pastikan bahwa kabel yang terhubung tidak terkena air, karena jika bagian socket atau kabel terkena air maka akan menyebabkan konslet," kata Ade.

Jika bagian kelistrikan mengalami konslet, ada kemungkinan komponen lain akan juga mengalami kerusakan.

5. Sistem Penerangan

Fungsi sistem penerangan adalah sebagai penerangan jalan kepada pengemudi dan orang lain untuk ketertiban dan keselamatan bersama. "Apalagi saat menembus hujan, maka dibutuhkan sistem penerangan yang baik," ujar Ade.

6. Tutup Pengisian Oli

Ade menambahkan, pastikan juga tutup oli dalam kondisi terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran pada bagian karet seal (O ring) yang ada pada tutup oli.

7. CVT

"Untuk pengguna sepeda motor tipe matic, sangat disarankan tidak memaksakan untuk melewati genangan air yang menutupi mesin atau bahkan terendam. Sebab, dapat mengakibatkan beberapa bagian di area CVT menjadi tidak berfungsi secara normal," kata Ade.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/23/180100115/7-bagian-mesin-yang-perlu-rajin-dicek-saat-musim-hujan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.