Salin Artikel

Yamaha Scorpio Custom, Kombinasi Scrambler dengan Cafe Racer

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom bergaya scrambler atau cafe racer banyak diadopsi belakangan ini oleh para pecinta roda dua. Tapi, beda lagi dengan motor garapan Tedja Wijaja, builder dari Imagineering Customs.

Pada motor garapannya yang mengambil basis dari Yamaha Scorpio, Tedja menggabungkan kedua gaya antara scrambler dengan cafe racer. Hasilnya, menjadi motor custom yang cukup unik.

"Saya coba mengkombinasikan kedua aliran itu di dalam satu motor. Selain tampilannya asyik dilihat, performanya juga tidak kalah," ujar Tedja, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tedja menambahkan, dengan mengkombinasikan kedua aliran tersebut, motor custom garapannya ini diklaim cocok untuk dibawa berkendara on road dan semi off road.

Tedja nampaknya masih menggunakan setang model biasa, bukan clubman atau clip on. "Sebab, untuk posisi berkendaranya lebih ke arah scrambler," kata Tedja.

Untuk sasisnya, masih menggunakan bawaan Scorpio. Tedja mengaku hanya merombak bagian atasnya saja dan dipotong, dibikin lebih pendek.

Salah satu bagian yang menarik lainnya adalah knalpot. Tedja tidak menggunakan knalpot model scrambler yang posisinya berada di atas, melewati samping kaki.

"Terlalu umum yang seperti itu buat knalpot scambler. Saya lebih suka ke arah old skool untuk model knalpotnya," ujar Tedja.

Kaki-kakinya sudah dibekali dengan suspensi depan upside down. Dipadukan juga dengan ban Shinko tipe Big Block berukuran cukup besar. Sehingga, memberikan kesan kekar pada bagian kaki-kakinya.

Yamaha Scorpio ini juga sempat mengikuti ajang motor custom bergengsi di Indonesia beberapa waktu lalu, yakni Kustomfest 2019, tepatnya di kelas Nitrohead (di bawah 250 cc).

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/24/074200715/yamaha-scorpio-custom-kombinasi-scrambler-dengan-cafe-racer

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.