Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW Santai Tanggapi Kenaikan BBN-KB di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI resmi menaikan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) menjadi 12,5 persen. Regulasi ini sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2019 yang efektif berlaku pada 11 Desember mendatang.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari beragam agen pemegang merek (APM). Beberapa diantaranya sangat menyayangkan bila keputusan tersebut diterapkan jelang akhir tahun, apalagi dalam kondisi pasar otomotif yang sedang lesu.

Namun demikian, BMW Group Indonesia justru menggaku adanya kenaikan tarif BBN-KB menjadi 12,5 persen, tidak akan memberikan dampak signifikan bagi penjualan produk premium.

"Secara dampak pasti ada, tapi tidak akan signifikan mengingat kami ini kan brand premium, dari segi pasar juga cukup niche. Pasarnya lebih karena fans, bukan hanya untuk kendaraan fungsional seperti kendaraan (merek) lainnya," ujar Jodie kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Lebih lanjut Jodie menjelaskan sebenarnya masalah kenaikan harga menjadi hal yang biasa. Selain BBN-KB, hampir setiap tahun bila diperhatikan pada umumnya pasti akan ada revisi harga yang dilakukan pemegang merek.

Ketika ditanya apakah akan mempengaruhi penjualan di akhir tahun, Jodie pun hanya memberikan komentara bila hal tersebut hanya akan memberikan dampak yang minim bagi penjualannya.

Sementara itu, Vice President Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto, menjelaskan pada dasarnya kenaikan BBN-KB secara pengaruh lebih ke harga akhir yang jatuh ke konsumen, lantaran BMW selalu merilis produk dengan banderol off the road.

"Harga kita selalu off the road dan akhirnya memang ditanggung konsumen. Namun kami sudah mengantisipasi, artinya sejak rumor soal kenaikan tersebut ada, diler kami sudah komunikasi dengan konsumen bahwa mereka akan menanggung BBN sekian, dengan demikian konsumen tidak terlalu kaget," ucap Bayu.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/13/072200415/bmw-santai-tanggapi-kenaikan-bbn-kb-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke