Salin Artikel

Pasar Mobil Bekas Bertahan di Tengah Lesunya Penjualan Mobil Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil domestik hingga Agustus 2019 belum terlihat membaik. Dibandingkan tahun sebelumnya pada periode sama, terjadi perlambatan sampai 11,5 persen.

Kendati demikian, fenomena tersebut tidak terlalu dirasakan di pasar mobil bekas (mobkas). Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan, penjualan mobkas hanya terkoreksi sebesar 7 persen.

"Terjadi penurunan dibandingkan tahun sebelumnya karena dipengaruhi berbagai kondisi seperti perang dagang hingga pertumbuhan ekonomi, tapi tidak terlalu besar. Mobkas turun sekitar 7 persen sampai Agustus 2019," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Selama tiga bulan belakangan, penurunannya cenderung mengecil mendekati angka 5 persen. Perlambatan penjualan mobkas terbesar di 2019 terjadi pada Mei, hampir mencapai 10 persen.

Menurut Herjanto, pasar mobkas masih terselamatkan karena adanya perluasan pembatasan kendaraan berdasarkan pelat nomor polisi ganjil dan genap.

"Ganjil genap diperluas, sehingga banyak yang mencari mobil citycar dan LCGC. Pertumbuhan ojek online (ojol) juga masih cukup membantu," ucapnya.

Terkait mobkas terlaris hingga saat ini adalah jajaran LCGC, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, dilanjutkan Honda Brio dan Mobilio.

"Saat ini yang cenderung menurun adalah Daihatsu Xenia. Sedangkan Xpander tetap laris," kata Herjanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/15/074200015/pasar-mobil-bekas-bertahan-di-tengah-lesunya-penjualan-mobil-baru

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.