Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

The Bakajin Ikut Ramaikan IMX 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari puluhan mobil modifikasi yang masuk ke dalam NMAA Top 50 di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019, ada satu yang cukup menarik perhatian. Adalah Porsche 911 tipe 993 keluaran tahun 1995, berjuluk The Bakajin.

Keunikan dari mobil tersebut adalah mobil ini bisa dikategorikan sebagai mobil langka di Indonesia. Sebab, jumlahnya bisa dihitung pakai jari.

"Ini adalah Porsche RWB pertama yang ada di Jakarta. Sedangkan di Indonesia, mobil ini masuk dalam urutan ketujuh," ujar William Bakajin, pemilik mobil, kepada Kompas.com, di sela-sela IMX 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

RWB sendiri merupakan gaya modifikasi khas dari Jepang yang merupakan singkatan dari Rauh-Welt Begriff, yang diciptakan oleh Akira Nakai. Ciri khasnya ada pada wide body yang super lebar.

Body kit RWB yang dipasang di mobil ini adalah tipe paling lebar dari RWB manapun yang ada di Indonesia. Body kit ini disebut Heavenly, lebarnya mencapai 2.200 mm.

Porsche RWB ini juga diberi nama Tsubaki, meskipun lebih banyak dikenal dengan julukan The Bakajin. Nama tersebut ternyata memiliki kisah tersendiri bagi sang pemilik.

"Tsubaki sendiri artinya bunga camellia. Pemberian nama tersebut merupakan ide dari Nakai-san, karena mobil ini saya dedikasikan untuk anak perempuan saya," kata William.

Sepintas, mobil ini terkesan ceper sekali. Namun, jika diperhatikan, bagian bawah bumper depan menggunakan bahan karet. Sehingga, tak perlu khawatir saat melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Bagian sayap belakang diberi sedikit sentuhan khas Indonesia, yakni motif batik. William mengaku sengaja menggunakan motif batik untuk mengangkat kesenian asli dari Indonesia. Selain agar tampil beda dari Porsche RWB lainnya, tentunya batik juga sudah dikenal oleh seluruh dunia.

Nakai-san tidak hanya memberikan ubahan pada bagian eksteriornya saja dengan memasang body kit. Dia juga menggunakan knalpot full system yang sudah dibekali fitur valvetronic untuk mendongkrak tenaga mesin. Dimensinya disesuaikan dengan bumper belakang.

Data modifikasi Porsche RWB William Bakajin:
Pelek depan: Rotiform CVT ring 18 inci, lebar 10,5 inci
Pelek belakang: Rotiform CVT ring 18 inci, lebar 13,5 inci
Ban depan: Pirelli P Zero Rosso 265/35ZR18
Ban belakang: Pirelli P Zero Rosso 335/30ZR18
Coilover: RWB Aragosta
Short shifter: CAE
Rollcage: Terror Garage
Air suspension: Airrex

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/30/172200415/the-bakajin-ikut-ramaikan-imx-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke