Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Canggih Honda Monkey Butuh Perhatian Khusus

Salah satu yang menarik perhatian adalah hadirnya fitur Anti-lock Braking System (ABS) dengan tambahan sensort Inertia Monitoring Unit (IMU). Sensor ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas saat pengereman.

"Honda Monkey punya ground clearence yang pendek. Jadi ketika melakukan pengereman bisa saja ada kemungkinan hentakan dan ban ikut naik. Jadi teknologi IMU ini untuk mencegah hal seperti itu terjadi," ucap Technical Division PT AHM Endro Sutarno saat ditemui beberapa waktu lalu.

Meski sangat canggih, fitur ini butuh perhatian khusus. Terutama untuk mencegah kerusakan.
Ini karena fitur IMU cukup peka terhadap hentakan atau benturan. Peringatan khusus bahkan sudah diungkapkan bagi mekanik yang ingin membongkar motor bermesin 125 cc tersebut.

"Harus menangani IMU dengan hati-hati. Bila terjatuh harus diganti dengan yang baru. Selain itu dilarang menggunakan impact wrench dan jangan terkena benturan saat pemasangan IMU," ucap Endro.

Sayangnya Endro belum mengetahui berapa harga IMU baru jika harus diganti baru. Pihak Honda sudah mensosialisasikan perihal ini ke pemilik dan teknisi di lapangan untuk berhati-hati saat membongkar karena letaknya tersembunyi di bawah rangka.

IMU yang terkena benturan akan berkurang sensivitasnya. Meski demikian fitur ABS tetap berfungsi, hanya kemampuan membaca sudut kemiringan yang akan berkurang.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/31/084200815/fitur-canggih-honda-monkey-butuh-perhatian-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke