Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Perbedaan Mendasar Lexus LM dengan Toyota Alphard

TANGERANG, KOMPAS.com - Setelah ditampilkan untuk pertama kali di Shanghai International Auto Show 2019, Lexus Indonesia memastikan bahwa First Class Suites Luxury Multi Purpose Vehicle (MPV) Lexus LM akan tiba ke Indonesia, tepatnya kuartal pertama 2020.

Indonesia disebut akan jadi negara pertama setelah debut dunia Lexus LM di China. Bahkan, sekilas informasi tentang kembaran Toyota Alphard itu telah dibocorkan secara langsung oleh Lexus Indonesia di pameran otomotif GIIAS 2019.

Secara keseluruhan, mobil akan menyajikan banyak hal menarik untuk para pemiliknya. Mulai dari fitur kenyamanan, keamanan, sampai kepraktisan mobil untuk digunakan dalam berbagai hal. Menariknya, berdasarkan spesifikasi mobil, Lexus LM menggunakan basis yang sama dengan Toyota Alphard.

Hal ini pun dikonfirmasi oleh General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja. Hanya saja sentuhan Lexus LM benar-benar berbeda dibandingkan Toyota Alphard.

"Basis-nya memang menggunakan Toyota Alphard, tetapi dalam membuat sebuah mobil standar mereka tentu berbeda. Body panel, fitur kenyamanan dan keamanan, hingga hal-hal mendetil sangat berbeda sehingga pengalaman ketika berada di mobil jauh beda," ucapnya di GIIAS 2019, Tangerang, Selasa (23/7/2019).

Meski belum bisa diungkapkan secara menyeluruh, paling tidak ada perbedaan mendasar Lexus LM dengan Toyota Alphard.

1. Desain Eksterior

Toyota Alphard disebut memiliki dimensi yang sangat cocok untuk sebuah mobil keluarga yang menyajikan kenyamanan tanpa mengorbankan kepraktisan berkemudinya. Itulah hal mendasar mengapa Lexus mengambil basis Alphard untuk dikembangkan menjadi mobil keluarga mewahnya.

Baca Juga : Lexus Bawa Kembaran Toyota Alphard, Harga Rp 2 Miliar

Hanya saja sentuhan yang diberikan Lexus berbeda, khususnya pada bagian eksterior mobil. Dari depan, wajah Alphard dengan Lexus LM sangat tidak mirip meski lekukan kotaknya sedikit sama.

Grill yang digunakan Lexus LM sangat khas layaknya mobil Lexus pada umumnya yakni Spindle Grille. Grill besar yang runcing dengan aksen krom itu mengalir, memberikan nuansa dinamis dan mewah.

Sedangkan Toyota Alphard menggunakan grill besar seperti gigi bertumpuk berlapis krom yang berbentuk trapesium. Garis lampu utama dibuat menyambung ke bagian grill hingga mencapai bemper bawah.

"Sebagai bocoran, perbedaan Alphard dengan Lexus LM paling jelas adalah pada bagian belakangnya. Di mana, Lexus LM memiliki lampu Limitless LED seperti LF-1," jelas Adrian.

2. Kekedapan dan Suspensi

Demi menambah kenyamanan, Lexus juga menyematkan double layer anti-noise glass di bagian kaca depan, samping belakang, kaca belakang, serta kaca partisi pemisah antara bagian pengemudi dengan penumpang belakang. Kaca yang menjadi dua tumpuk ini disebut bisa meredam suara sangat optimal.

"Jadi seperti pesawat first class, sangat kedap. Sehingga suara bising di luar mobil atau suara percakapan privasi penumpang belakang tidak terdengar ke pengemudi," kata Adrian.

Selain itu, suspensi Lexus LM menggunakan teknologi terbaru yaitu Swing Valve Shock Absorbers yang memastikan kekuatan redaman mobil tambah maksimal.

Teknologi ini menggunakan dua katup hidrolik atau penambahan valve pada shock absorber sehingga menghasilkan perjalanan yang nyaman dan tenang serta meningkatkan stabilitas kendaraan saat mulai akselerasi maupun dalam kecepatan tinggi di jalan raya.

"Gerakan kecil apapun yang dialami di roda dan suspensi tidak akan membuat mobil berguncang berlebihan. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan di dunia pada sedan Lexus ES," klaim Lexus.

3. Konfigurasi Tempat Duduk

Tidak seperti Toyota Alphard yang hanya mengusung konfigurasi tempat duduk 7 penumpang, Lexus LM memberi pilihan kepada calon konsumennya yakni tujuh tempat duduk atau empat tempat duduk.

Baca Juga : Bocoran MPV Mewah Terbaru Lexus

Tentu, konfigurasi dengan empat tempat duduk membuat sensasi mobil mewah dari Lexus LM kental terasa. Terlebih disediakan layar TV 26 inci yang bisa menampilkan segala hiburan berkaitan dengan video dan semacamnya.

Tirai atau partisi yang memisahkan antara kursi penumpang baris kedua dengan pengemudi juga bisa tertutup rapat hingga atas, sehingga menghadirkan ekslusifitas lebih kental. Ada pula kulkas kecil bermuatan 14 liter atau mampu menaruh dua botol minuman ukuran besar.

"Kami utamakan yang masuk lebih dahulu adalah konfigurasi empat penumpang," ucap Adrian.

4. Pilihan Mesin

Lexus LM memiliki dua pilihan mesin yakni 2.500 cc yang dipadukan dengan sistem hibrida dan mesin bensin DOHC berkapasitas 3.500 cc. Adrian membocorkan, untuk pasar Indonesia mobil Lexus LM bakal hadir dengan mesin 3.5 liter.

Sementara Alphard di Indonesia juga memiliki dua pilihan mesin, yaitu 2.500 cc 2AR-FE, 4 silinder DOHC Dual VVT-i dan enam silinder berkapasitas 3.500 cc enam silinder DOHC, Dual VVT-i.

Maka, keduanya hadir dengan mesin yang nyaris serupa. Hanya saja perbedaan detil terkait sektor dapur pacu belum ingin dibocorkan Lexus Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/24/074200415/4-perbedaan-mendasar-lexus-lm-dengan-toyota-alphard

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke