Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Spek Suzuki Burgman Street 125 vs Yamaha Lexi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Burgman Street 125 hadir di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019. Sayangnya skutik bongsor terkecil keluarga Burgman tersebut belum dijual dan baru sekadar mejeng untuk tes pasar.

Kendati belum akan dijual, kehadirannya merupakan bukti bahwa Suzuki mulai tertarik menghadirkan skutik bongsor ke Indonesia. Menilik kelasnya, jika meluncur maka akan berhadapan dengan Yamaha Lexi.

1. Desain

Burgman Street mengambil inspirasi flagship maxi-scooter Suzuki Burgman 650. Skuter ini punya bahasa desain yang sporty dengan panel bodi yang bulat, windshield, dan tempat duduk yang luas.

Secara keseluruhan desainnya cukup menawan dan bisa bersaing dengan maxi skuter lain di kelasnya. Wajah depannya sporty dengan bentuk lampu seperti bumerang dan lampu sein besar yang terpisah dari headlamp.

Sedangkan untuk desain Yamaha Lexi, pabrikan membuatnya berbeda dari kakaknya NMAX. Desain Lexi lebih simpel dengan garis tegas tapi tidak mengarah ke agresif.

2. Fitur

Fitur utama Burgman Street mulai dari lampu LED depan dan belakang, slot kunci multi-fungsi, kluster instrumen serba digital, soket pengisi daya 12V, dan bagasi besar. Ada juga rem cakram depan, dan tromol di belakang, disertai dengan combined braking system (CBS) sebagai standar.

Sedangkan untuk Lexi dibekali speedometer digital dan electric power socket. Khusus untuk Lexi S, sudah menggunakan sistem kunci tanpa anak kunci atau keyless. Smart key system pada Lexi juga dilengkapi fitur Immobilizer dan Answer Back System. Lexi juga mengalamiupdate dan kini dibekali ABS. 

3. Dimensi

Suzuki Burgman Street punya panjang 1.884 mm, lebar 661 mm dan tinggi 1.163 mm. Jarak sumbu roda 1.265 mm, dengan ground clearance yang mencapai 160 mm dan berat 110 kg.

Dimensi Lexi besar dari Burgman, memiliki panjang 1.970 mm dengan lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Jarak terendah ke tanahnya adalah 133mm dengan tinggi tempat duduk 785mm dan berat isi 112 kilogram.

4. Mekanikal

Burgman Street menggunakan suspensi teleskopik dan mono-shock di sisi belakang. Kaki-kaki depan 12 inci dan 10 inci di belakang berbalut ban tubeless. Maxi-scooter Suzuki ini punya kapasitas tangki bahan bakar 5,6 liter.

Yamaha Lexi menggunakan suspensi teleskopik dan mono-shock di sisi belakang. Khusus untuk Lexi S suspensi belakangnya dibekali sub tank yang diklaim mampu meningkatkan kualitas peredam kejut. Kaki-kaki depan belakang memakai pelek 14 inci.

5. Mesin

Burgman Street punya mesin 124,3 cc single cylinder, sama seperti yang ada di model terlaris Access 125. Namun, insinyur Suzuki melakukan penyetelan ulang, mengejar tenaga sampai 8,4tk @6.500 rpm, dengan torsi puncak 10,2 Nm @5.000 rpm, bertransmisi CVT. 3.

Sedangkan Yamaha Lexi mengusung mesin 125 cc dan sudah berpendingin cairan serta mengadopsi teknologi variable valve actuation (VVA) khas Yamaha. Mesin menghasilkan 11,7 tk pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 11,3 Nm pada 7.000 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/13/112200515/adu-spek-suzuki-burgman-street-125-vs-yamaha-lexi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke