Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Penyebab Rem Skutik Bermasalah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa engine brake sepeda motor matik lebih banyak mengandalkan rem untuk memperlambat laju kendaraan. Tak pelak, karena itu skutik lebih rentan mengalami penyusutan kemampuan rem atau brake fading.

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, brake fading pada motor matik biasanya terjadi karena rem berkerja keras hingga kemampuan aslinya menurun karena alasan teknis.

"Brake fading terjadi karena beban rem sangat berat, sering terjadi dalam empat hal. Saat motor melalui jalur berbukit, melaju dalam kecepatan tinggi, sering membawa beban berat, dan perilaku mengemudi yang salah," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (12/6/2018).

Perilaku mengendarai yang salah kata Jusri, kerap terjadi karena jari tangan pengendara tanpa sadar sering menekan tuas rem. Sehingga rem pada dasarnya sudah berkerja, tetapi motor terus dalam keadaan berjalan.

"Perilaku ini biasanya tidak disengaja saat tangan menempel di tuas rem. Saat rem tertekan, artinya terjadi friksi (gesekan) antara kampas rem dengan cakram atau teromol. Hal sama juga sering terjadi di mobil, menginjak rem tanpa sengaja," katanya.

Jusri melanjutkan, secara teknis brake fading bisa terjadi karena kampas rem yang bergesekan menghasilkan panas. Panas akan menjalar ke berbagai komponen termasuk ke kaliper dan minyak rem, sehingga berpengaruh pada kekentalan dan tingkat didih minyak rem.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/12/170918415/ketahui-penyebab-rem-skutik-bermasalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke