Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumen, Jangan Abaikan Recall Yamaha R25 dan MT-25

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturer (YIMM) baru saja mengumumkan recall untuk dua produk motor sport mereka yakni R25 dan MT-25. Kedua produk ini terindikasi masalah pada bagian mesin dan radiator.

Kedua bagian tersebut adalah hose (selang) radiator serta spring torsion. Sebenarnya apa fungsi kedua suku cadang ini dan apa jadinya bila tidak segera diganti?

GM Motorsport & Aftersales PT YIMM, M Abidin, mengungkapkan, kedua bagian ini punya efek bila tidak diganti. 

“Kalau hose radiator bisa terjadi kebocoran coolant radiator. Kalau sprint torsion itu jadi susah pindah gigi,” ucap Abidin saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Dari aplikasi e-part katalog Yamaha, spring torsion berada pada bagian transmisi motor. Bentuknya berupa kumparan pegas yang terletak di antara push lever assy dan axle push lever. Harganya sekitar Rp 4.000.

Untuk hose radiator, selang ini berada di bagian komponen pendingin mesin yang menghubungkan thermostat. Part ini dibanderol harga Rp 24.000 sampai Rp 28.000.

Permasalahan bila selang radiator ini tidak diganti bisa berakibat pada suhu mesin yang cepat panas karena kekurangan cairan pendingin. Untuk efek yang lebih parah, selang dapat bocor dan menyembur keluar mengenai pengendara.

Yamaha akan memulai penggantian kedua part ini di R Shop Yamaha di seluruh Indonesia pada 28 November 2018 mendatang. Yamaha meyakinkan penggantian ini gratis dan waktu pengerjaan sekitar 60 menit sampai 120 menit.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/11/23/082200615/konsumen-jangan-abaikan-recall-yamaha-r25-dan-mt-25-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke