Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bugatti Chiron Ini Terbuat dari Lego

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penggemar mainan, merek Lego sudah pasti dikenal sebagai produsen mainan yang memaksa untuk berpikir kreatif. Namun apa yang dilakukan tim Lego kali ini benar-benar melebihi ekspektasi kreatif para penggemar mainan.

Pada Kamis (30/8/2018) lalu, Lego mengumumkan melalu akun media sosialnya, mereka berhasil menciptakan replika Bugatti Chiron, hypercar yang berharga 2,6 juta US dollar, dengan skala perbandingan 1:1 alias seperti asli.

Tidak hanya sampai di situ, tim Lego juga mengungkapkan mereka membuat Lego Bugatti ini dapat bergerak, dengan motor yang terbuat dari Lego. Motor ini bertenaga 5,3 tk dan dalam pengetesan mampu mencapai kecepatan 19 kilometer per jam dengan berat keseluruhan mencapai 1,5 ton.

Jika membangun mobil aslinya membutuhkan 20 orang, waktu enam bulan dan 1.800 bagian, membangun Legonya membutuhkan lebih banyak lagi.

Lego Chiron ini dibawa ke tes track Volskwagen Ehra Lessien, tempat yang sama saat Chiron dites. Dibalik kemudi, pemenang 24 Hours Le Mans dan juga Bugatti brand Ambassador Andy Walace.

"Mengemudikan Lego Chiron ini adalah pengalaman yang luar biasa dan saya sangat menikmatinya. Bertahun-tahun lalu saya tidak bisa membayangkan bahwa suatu kali saya akan mengemudikan sebuah mobil Lego," ucap Wallace seperti dikutip dari TopGear.com.

Lego mengungkapkan waktu pembuatan hampir sama dengan mobil aslinya, hanya saja untuk bagian-bagiannya total lebih dari 1 juta bagian Lego Technic. Ini terdiri dari 2.304 bagian untuk motor penggerak, 4.032 gir untuk menggerakkan ban, serta 2.016 bagian as.

Untuk semakin membuat mobil replika ini semirip mungkin, Lego juga membuat bagian speedometer, sayap belakang yang semuanya berfungsi. Pintu, lampu utama, lampu belakang, lingkar kemudi dan rem juga bekerja layaknya mobil asli, kecuali pedal gas yang dihilangkan.

Lego menggunakan ban dan pelek asli dari Bugatti dengan tambahan frame yang terbuat dari baja untuk menguatkan mobil ini. Lego Chiron ini disambungkan tanpa menggunakan bantuan lem dan lebih dari 90 persen mobil ini benar-benar menggunakan Lego.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/08/31/100200515/bugatti-chiron-ini-terbuat-dari-lego

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke