Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sopir Truk dari Kalsel, Wakili Indonesia Kompetisi Volvo di Swedia

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ajang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 di Sirkuit Internasional Sentul, akhirnya memilih Rivaldi dari Propinsi Kalimantan Selatan jadi Pengemudi Truk Volvo terbaik 2018.

Penenang tersebut bakal mewakili Indonesia di World Final di Gothenburg, Swedia di Bulan September 2018 yang akan datang. Totalnya, ada 80 orang pengemudi yang dikualifikasi sampai menyisakan 8 finalis.

Beberapa poin yang dinilai adalah penghematan BBM, skill bermanuver dan kemampuan menjaga keamanan truk. Pemenang akan dipilih dari pengemudi yang mendapatkan skor kombinasi tertinggi dari kategori on-road dan off-road.

Kompetisi tahun ini menggantikan ajang lomba Fuelwatch yang populer di tahun-tahun sebelumnya, dan memperkenalkan perubahan baru di mana para peserta harus menyelesaikan misi transportasi.

Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) menyebut, kompetisi tahun ini berusaha melakukan simulasi terhadap tantangan kerja sehari-hari, yang dilakukan para pengemudi.

”Jadi kami menambahkan beberapa elemen baru untuk menyegarkan kompetisi ini,” ujar Bambang dalam siaran resminya, Selasa (14/8/2018).

Kedelapan pengemudi mengemudikan Volvo FM370 (on road) dan Volvo FMX400 (off road) menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer, dengan misi untuk mencapai 5 pos pemeriksaan dalam waktu 45 menit.

Semua harus dilakukan dengan menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin. Demi memenangkan kompetisi ini, para pengemudi harus menyetir dalam kondisi sangat terencana, memahami segala kondisi, dan menghemat BBM.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/08/14/182020215/sopir-truk-dari-kalsel-wakili-indonesia-kompetisi-volvo-di-swedia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke