Salin Artikel

Bagaimana Nasib Mazda Biante di Indonesia?

Jakarta, KOMPAS.com - Sejak diambil alih PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Mazda fokus memperluas pasar sport utility vehicle (SUV). Selain CX-3 dan CX-5 yang, ke depan bakal ada lagi model SUV atau crossover lain untuk pasar otomotif nasional.

Meski begitu, segmen lain bukan berarti tidak diperhatikan. Hatchback dan multi purpose vehicle (MPV) juga tetap menjadi prioritas.

Mazda di Indonesia punya model MPV mewah, yaitu Biante. Meski performa penjualannya kurang begitu bagus, tetapi merek otomotif asal Jepang itu masih mempertahankan penjualannya.

"Kita masih jual sampai sekarang, dan tidak ada masalah mengenai pengiriman dan lain sebagainya," ujar Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI di Jakarta pekan lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan wholesales Biante sepanjang 2017 tercatat 455 unit. Per bulan rata-rata 50-an unit, bahkan pernah menyentuh 66 unit pada Juli 2018.

"Pasarnya juga memang tidak begitu besar, tetapi permintaannya tetap stabil, dan unitnya juga tidak inden hanya proses sekitar satu bulan saja karena kita impor dari Jepang," kata Roy.

Biante pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2012 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Sementara penjualan dalam dua bulan pertama tahun ini sudah mencapai 92 unit.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/03/19/131057615/bagaimana-nasib-mazda-biante-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.