Salin Artikel

Motor Bebek Lain yang Layak Dikoleksi buat Nostalgia

Jakarta, KOMPAS.com — Salah satu Honda Astrea Grand lansiran 1991 menarik perhatian khalayak setelah dikabarkan dibeli dengan harga Rp 80 juta. Selaku produsen, Astra Honda Motor (AHM) menyatakan Grand merupakan salah satu motor legendaris yang masih banyak dicari sehingga banyak diburu oleh para kolektor.

Selain Grand, masih ada beberapa motor lainnya yang juga dikabarkan banyak dicari.

Kompas.com mencoba merinci beberapa motor bebek zaman dulu lainnya yang dikabarkan banyak dicari, berdasarkan keterangan bengkel-bengkel modifikasi maupun agen tunggal pemegang merek. Berikut daftarnya:

1. Honda Super Cub 70

Inilah salah satu motor bebek legendaris yang dimiliki Honda. Saking legendarisnya, Honda bahkan memproduksi kembali motor yang di tengah masyarakat dikenal dengan nama "pitung puluh" ini.

Beberapa bengkel modifikasi di Depok mengungkapkan kerap menerima permintaan restorasi Super Cub. Bagi yang ingin tapi tak kesampaian mendapatkan, ada yang sampai meminta bengkel untuk mengubah tampilan motor bebek lain menjadi ala Super Cub.

Pemilik bengkel Central Classic Custom, Nolavander, mengaku sudah beberapa kali menerima pesanan ubahan retro motor bebek menjadi ala Super Cub. Ubahan ala Super Cub menjadi salah satu ubahan favorit pelanggannya.

Untuk ubahan ala Super Cub, Nola mensyaratkan sebaiknya basis motor bebek yang digunakan adalah keluarga Astrea, baik Grand, Star, Prima, Impressa, maupun Legenda. Karena hanya rangka dari motor-motor itulah yang cocok diubah menjadi Super Cub.

"Supra rangkanya sudah beda. Bisa saja sih Supra, tapi kita ambil mesinnya saja. Rangka harus diubah," ujar Nola saat ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu.


2. Yamaha V80

Eddy Ang General Manager Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebut V80 merupakan motor lawas yang masih populer di kalangan kolektor. V80 merupakan motor bebek bermesin 2-tak yang eksis pada era 80-an.

"Motor klasik Yamaha, terutama dari era 2-Tak punya tempat tersendiri di hati penggemar motor lawas," kata Eddy kepada Kompas.com, Kamis (15/3/2018).


3. Yamaha 125ZR

125ZR merupakan bebek Yamaha bermesin tegak yang eksis pada 90-an. Menurut Eddy, 125ZR merupakan bebek 2-tak Yamaha lainnya yang menjadi buruan kolektor sehingga dihargai tinggi.


4. Suzuki Satria 120R

Marketing and Sales Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya menyebut motor-motor bebek Suzuki yang paling banyak diburu adalah yang dulunya kerap digunakan di ajang balap road race, salah satunya Suzuki Satria 120R.

Satria 120R merupakan Satria generasi pertama Satria Series yang masih bermesin 2-Tak. Setelah produksi Satria 120R dihentikan, barulah kemudian Suzuki memulai era Satria FU 150.


5. Suzuki Tornado

Selain Satria, motor 2-Tak Suzuki lainnya yang disebut Yohan banyak dicari adalah Tornado. Tornado merupakan motor 2-Tak berkubikasi 110cc yang muncul untuk menggantikan versi sebelumnya, yakni Suzuki Crystal.


6. Suzuki Shogun 110

Shogun 110 merupakan Shogun generasi pertama. Dari segi tampilan, edisi pertama Shogun 110 sangat mirip dengan Tornado. Perbedaannya terletak pada jenis mesin. Tornado bermesin 2-Tak berbeda dengan Shogun 110 yang menggunakan mesin 4-Tak.

"Kami mereview untuk bebek era-90an, yang kini banyak dicari adalah yang dulunya merajai balapan, seperti Tornado, kemudian masuk ke Shogun dan dilanjutkan dengan RU yang merupakan cikal bakalnya Satria sekarang," ujar Yohan.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/03/15/200156015/motor-bebek-lain-yang-layak-dikoleksi-buat-nostalgia

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.