Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cadillac Fleetwood, Mobil Dinas Terakhir Soekarno

Bogor, Kompas.com - Selama 72 tahun usia Republik Indonesia, tercatat sudah ada beberapa macam jenis mobil dari berbagai merek yang digunakan sebagai mobil dinas kepresidenan. Salah satunya adalah Cadillac Fleetwood 75 Limousine yang pernah digunakan oleh Presiden Pertama RI Soekarno.

Cadillac Fleetwood 75 Limousine yang pernah digunakan Soekarno kini dimiliki oleh Jimmy, salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Saat PPMKI menggelar acara di Kebun Raya Bogor, Minggu (21/1/2018), mobil ini menjadi salah satu dari puluhan mobil antik yang datang ke lokasi acara.

Cadillac Fleetwood 75 Limousine tampak paling mencuri perhatian. Dari mulai sesama anggota PPMKI hingga warga yang kebetulan ada di sekitar lokasi acara terpantau tak mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan diri berfoto bersama mobil tersebut.

Dari segi ukuran, Cadillac Fleetwood 75 Limousine memang terlihat paling besar dibanding mobil-mobil kuno milik anggota PPMKI lainnya. Panjangnya saja bahkan mencapai sekitar enam meter. Untuk tampilan fisik, Cadillac Fleetwood 75 Limousine sangat berciri khas mobil Amerika tempo dulu yang memiliki bentuk lancip di bagian belakang.

Tempat duduk untuk pengemudi menggunakan jok panjang yang menyatu dengan tempat duduk penumpang yang ada di sebelahnya. Posisi setir berada di kiri. Berbeda dengan peraturan berlalu lintas di Indonesia yang menerapkan berjalan di kiri sehingga setir harus berada di kanan.

Ruang kabin belakang terlihat sangat lapang. Penumpang tetap bisa meluruskan kaki dalam posisi setengah berbaring bersandar ke jok. Terlihat ada dua logo burung Garuda Pancasila di sisi kanan dan kiri jok penumpang yang menjadi penanda penggunaan masa lalu dari mobil tersebut.

Ditemui Kompas.com di sela-sela acara, Jimmy menceritakan sejarah mobil miliknya itu. Menurut Jimmy, Cadillac Fleetwood 75 Limousine eks mobil dinas Soekarno merupakan mobil produksi tahun 1964. Ini merupakan mobil dinas kepresidenan terakhir Soekarno sebelum lengser dari tampuk kekuasaannya. Jimmy menyebut dirinya merupakan pemilik keempat dari mobil yang dilelang oleh Sekretariat Negara pada tahun 1975.

"Pemilik pertamanya Pak Probosutedjo. Sama Pak Probo hampir 40 tahun. Dari Pak Probo lari ke Solo, dari Solo ke Cilangkap, baru ke saya. Di saya sudah tujuh tahun," ucap Jimmy.

Jimmy enggan mengungkapkan harga jual dari mobil tersebut. Yang pasti saat dibeli, kondisinya masih sangat terawat sehingga dirinya tidak perlu banyak melakukan pembenahan.

Menurut Jimmy, Cadillac Fleetwood 75 Limousine eks mobil dinas Soekarno bermesin 6.700cc V8 yang sudah menggunakan transmisi matik. Jimmy menyebut Cadillac yang pernah digunakan Soekarno masuk dalam tipe Presidential Series yang tidak diproduksi secara massal.

"Makanya mobil ini enggak ada nilainya," ucap Jimmy.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/22/104200715/cadillac-fleetwood-mobil-dinas-terakhir-soekarno

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke