Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu Lagi, Pedagang Mobkas Sudah ”Lebaran”

Kompas.com - 30/05/2017, 13:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Seperti sebelum-sebelumnya, pedagang mobil bekas sudah bersiap untuk menangguk rezeki melimpah jelang Lebaran. Skema ”panen” dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri masih diharapkan datang, meski para pedagang akui pasar mobkas sedang kurang bergairah.

Penjualan yang cenderung meningkat sebenarnya sudah dirasakan para pedagang sejak dua minggu jelang Ramadhan datang. Namun, pada puncaknya, konsumen banyak yang memutuskan beli mobil bekas (mobkas) atau baru, ”last minute” jelang Lebaran.

”Sekarang mulai banyak yang nanya, juga sudah ada yang beli. Tapi tunggu nanti kalau sudah dua minggu sebelum Lebaran. Paling naiknya 20 persen dibandingkan hari biasa,” kata Munir Abdullah pemilik jaringan mobkas di Jakarta Timur, ketika dihubungi KompasOtomotif, (30/5/2017).

Pria yang terkenal dengan panggilan Abah Munir itu mengatakan bahwa memang ini saat tepat beli mobil buat mudik, karena stok sedang banyak. Ibarat fashion show, inilah bulan ketika pedagang mobkas mengeluarkan stok terbaiknya untuk mendapat harga tinggi.

Pengakuan yang sama dilontarkan Teddy Rachmat, pedagang mobkas di Jatiwaringin, Jakarta Timur, bahwa permintaan mobil bekas mulai tampak naik, khususnya model MPV. Tak terpaku pada Avanza dan low MPV lain yang punya ”hidung”, beberapa tipe di kelas yang sama juga diburu.

”Biasanya yang penting muat banyak. Kalau Avanza sedang habis atau barang kurang baik, gesernya ke merek lain, misalnya Ertiga, Mobilio, Xenia. Kalau tidak ada juga, mobil macam APV, Luxio, Evalia, juga tiba-tiba laku,” kata Teddy.

Dua minggu jelang Lebaran diakui Teddy sebagai masa-masa sibuk. Tak cuma pembeli yang mencari mobil bekas, pedagang pun kadang kuwalahan mencari stok. Dia bercerita bahwa kadang, para pemilik mobil yang mau dijual juga menunggu permintaan naik dulu, supaya harganya ikut terkerek.

Ya, buat pedagang mobkas, bisa jadi mereka ”Lebaran” lebih dulu, atau istilahnya, sudah menangguk untung banyak sebelum Lebaran sesungguhnya datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com