Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Siapkan Motor Enduro 2-Tak Injeksi

Kompas.com - 17/05/2017, 10:27 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber morebikes

Mattighofen, KompasOtomotifKTM kembali selangkah di depan untuk urusan inovasi sepeda motor trail. Setelah menciptakan tunggangan garuk tanah yang ringan, kuat, dan cepat lewat generasi baru EXC, tahun lalu, pabrikan Austria itu menunjukkan inovasi baru, trail enduro 2-tak injeksi.

Ini adalah yang pertama, dimana mesin 2-tak dipasangkan dengan teknologi pencampuran bahan bakar injeksi. KTM menyebut sepeda motornya itu dengan EXC TPI (Transfer Port Injection), yang diciptakan untuk memenuhi line up 2018.

Ada dua model dari tipe ini, KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. Sistem injeksi elektronik pada mesin 2-tak KTM ini sudah dipatenkan, menggunakan dua injektor yang mengarah ke silinder. KTM mengklaim, motor akan jadi lebih smooth saat melaju.

Menariknya, di saat yang sama, konsumsi bahan bakar turun drastis. Keuntungan lain dengan sistem ini, pengguna tidak perlu mencampur bensin lagi (dengan oli samping), atau melakukan jetting untuk ”rasa” yang berbeda. Tentu ini akan menjadi keuntungan buat rider off-road.

Komponen lain yang juga ikut menyesuaikan dengan teknologi baru adalah throttle body dan adanya Engine Management System (EMS) plus Electronic Control Unit (ECU). Mereka akan mengendalikan sensor utnuk mendeteksi timing yang tepat untuk pengapian dan menginjeksi bahan bakar.

KTM Mesin 2 tak dengan teknologi injeksi.
Silinder juga baru, termasuk boks saringan udara, pompa oli, dan tangki bahan bakar yang menyesuaikan untuk motor injeksi. Frame baru, disebut sebagai high-tech chromoly steel. Grafis juga baru, lebih catchy untuk ukuran sepeda motor trail.

Standar tinggi diterapkan KTM untuk dua model baru ini, dan menjadikannya sebagai yang terdepan di segmen 2-tak. Termasuk di adanya fitur-fitur canggih macam starter elektrik, aki ringan lithium-ion, rem Brembo, kooling hidrolik, sampai suspensi WP dan masih banyak lagi.

Joachim Sauer, Kepala Pemasaran Produk tipe Off-Road KTM, mengatakan bahwa KTM selalu berkomitmen menciptakan teknologi revolusioner. Motor 2-tak yang kompleks ternyata bisa mendapatkan keuntungan sistem injeksi.

”Tujuan kami adalah menciptakan rasa yang sama seperti naik motor 2-tak, tapi mendapat banyak keunggulan dari injeksi. Tak hanya teknologi mesin, tapi handling yang intuitif juga menjadi tujuan kami untuk sepeda motor ini,” ujar Sauer.

Belum ada informasi, kapan model ini akan turun ke diler. Sauer hanya mengatakan bahwa pabrikan sudah pasti tak akan sabar untuk menunggu KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI mejeng di diler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber morebikes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com