Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paris dan London Berkolaborasi Pantau Emisi Kendaraan

Kompas.com - 30/03/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Masih dalam perjuangan memerangi polusi udara, Walikota Paris dan London mengumumkan skema baru, untuk memantau emisi kendaraan. Tujuannya tentu meningkatkan kualitas udara di dua ibukota tersebut, mengutip Reuters, (29/3/2017).

Walikota Paris Anne Hidalgo dan Sadiq Khan dari London  mengatakan, skema akan mengatur sistem penilaian untuk mengidentifikasi emisi real-life dari mobil, dengan tujuan menyediakan konsumen informasi yang lebih akurat terkait emisi mobilnya.

"Kami harus bisa mengatur sistem penilaian yang andal, untuk pengetahuan semua warga negara kami dan memungkinkan mereka mengetahui emisi apa yang dikeluarkan kendaraan mereka," tutur Hidalgo pada konferensi internasional tentang polusi udara.

Skema ini mengandalkan pengujian yang di jalan oleh emissions analytics  dan International Council for Clean Transportation, dan mengalokasikan skor masing-masing model mobil, berdasarkan polusi udara yang dipancarkan.

"Skema baru ini akan mengakhiri bencana polusi dan memberikan penduduk London dan Paris evaluasi yang jujur, akurat dan independen terkait emisi kendaraan di jalanan kami," kata Khan.

"Menangani emisi kendaraan adalah prioritas, jika Anda berencana untuk mereduksi polusi udara di kota Anda," kata Wonsoon Park, Walikota Seoul, yang juga berencana ikut mencoba skema yang sudah disepakati Paris dan London.

Khan menginformasikan, 9.000 orang di London meninggal muda setiap tahun karena polusi udara. Sementra di Paris, kata Hidalgo, angkanya mencapai 2.500 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com