Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM akan “Sharing” Pabrik dengan Wulling?

Kompas.com - 24/02/2017, 10:04 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – General Motor Indonesia pada 30 Juni 2015, resmi menghentikan operasi fasilitas perakitannya di Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat. Saat ini GM Indonesia hanya sebagai pedagang di Indonesia, menanggalkan status perakit dengan aktivitas manufaktur.

Model-model yang dihadirkan di Indonesia saat ini, didatangkan impor secara utuh alias compeletely built up (CBU), dari Korea Selatan maupun Thailand. Padahal sebelumnya GM Indonesia sempat merakit MPV terlarisnya, Chevrolet Spin.

Belum genap satu tahun dari pencabutan aset yang sudah diinvestasikan tersebut, pada Januari 2016 tersiar kabar kalau perusahaan asal China, SAIC GM Wuling Automobile Company Ltd. (SGMW) resmi menanamkan investasi di Indonesia, dengan gelontoran dana investasi mencapai 700 juta dollar atau Rp 9 triliun.

Seperti diketahui, salah satu pemilik SGMW sendiri adalah General Motor China. Lalu pada saat peluncuran tiga model baru GM Indonesia, di Kempinski Hotel Jakarta, Kamis (23/2/2017), Presiden Diektur PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun, ikut hadir.

Apa ini sebagai sinyal kalau SGMW akan mendukung saudaranya GM Indonesia di dalam negeri? Seperti misalnya dengan berbagi fasilitas perakitan yang dimiliki oleh SGMW di di GIIC, Cikarang, Bekasi seluas 60 hektar.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Maket hasil investasi 700 juta dollar Amerika Serikat yang dilakukan SGMW Motor Indonesia.

Saat coba ditanyakan kepada Xu Feiyun, dirinya bungkam, dan tidak ingin diwawancarai terkait apapun. Begitupun ketika mencoba mengajukan pertanyaan ke pihak GM Indonesia, melalui Gaurav Gupta, Presiden Direktur General Motors (GM) Indonesia.

“Kami saat ini fokus hanya pada peluncuran produk baru kami. Sekarang ini juga kami beroperasi sebagai nation sales company, membawa masuk produk berkualitas global di Indoenesia,” ujar Gupta.

Direktur Jenderal Industri Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate), Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan juga sempat menyinggung GM Indonesia, untuk menambah lagi investasinya di Indonesia.

“Untuk itu melalui kesempatan ini, kami menghimbau, khususnya kepada GM Indonesia, untuk terus meningkatkan investasniya dan kembali membuka fasilitas di sini. Seperti kita ketahui, salah satu grupnya melalui SGMW atau Wuling yang terkandung GM di dalamnya sudah hadir di sini, dan kita akan melihat kembali kegiatan industri dari GM ini di Indonesia,” ucap Putu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com