Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Toyota Tingkatkan Daya Saing Industri Otomotif

Kompas.com - 21/02/2017, 18:20 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - Upaya meningkatkan daya saing dalam dunia industri otomotif sudah mulai dipupuk oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sejak saat ini. Ada tiga poin penting yang saat ini menjadi fokus utama, yakni kemampuan logistik, maintenance, dan inspeksi.

Menurut Direktur Administrasi TMMIN Bob Azam, jika tiga unsur tersebut diperbaiki maka kemungkinan bisa mendongkrak daya saing sumber daya manusia (SDM).

"Saya yakin, daya saing kita bisa naik 30-40 persen kalau tiga hal itu diperbaiki. Tidak susah sebenarnya naikin produktifitas, asal sungguh-sungguh saja," ujar Bob kepada wartawan, di Karawang, Selasa (21/2/2017).

Menurut Bob, tiga unsur tersebut memiliki peran penting dikarenakan inefisiensi dalam industri otomotif kebanyakan dipengaruhi ketiga hal tadi. "Tiga inilah yang sebenarnya kurang di kita. Kemampuan logistik, maintenance, dan inspeksi. Jadi kalau tiga ini bisa kita perbaiki mungkin prodiktifitas kita bisa naik," kata Bob.

Stanly/KompasOtomotif Manufacturing Skill Interchange Festival (MASIF)

Salah satu tujuan Toyota membentuk kemampuan SDM berkualitas adalah untuk menyongsong kompetisi global yang makin ketat. Pada 2020 mendatang, TMMIN menargetkan Indonesia bisa menjadi basis produksi otomotif, bukan karena pasar tapi juga melihat dari skill SDM yang dimiliki.

"Saat ini kan banyak yang bilang karena market di Indonesia besar, kerena upah buruh yang murah, kedepannya tidak lagi. Dengan pemagangan-pemagangan dan festival seperti MASIF kita akan isi label market dengan tenaga-tenaga yang skill full, tujuannya itu. Jadi saat ada investor datang tidak susah lagi cari SDM maintenance dan lainnya," ujar Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com