Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Fakta Menarik tentang Suzuki GSX-R1000 2017

Kompas.com - 06/02/2017, 16:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Hamamatsu, KompasOtomotifSuzuki baru saja meluncurkan versi terbaru GSX-R1000. Mesin diklaim mampu mencapai tenaga maksimal setara 200 tk. Seperti diulas motorcycle, sepeda motor ini tak hanya punya banyak keunggulan, tetapi juga keunikan.

Berikut beberapa hal yang diinlai unik dan bisa menjadi daya tarik sepeda motor pesaing Yamaha R1, Honda CBR1000RR, sampai Kawasaki H2 dan ZX-10R itu:

1. Variable Valve Timing, bukan hal yang baru. Sistem pengaturan buka-tutup katup itu mulai terpasang pada versi produksi GSX-R. Namun, jika kita tengok sejarah, paling tidak empat tahun belakangan, pada ajang balap superbike Suzuki, sistem yang mirip sudah dipakai sejak 2012.

2. Kecepatan. Saat dites oleh test rider Suzuki di Jepang, Nakashima San, Gixxer baru itu menempuh 9,8 detik dengan jarak 400 meter. Hasil itu meningkat 0,2 detik dibanding model sebelumnya. Nakashima sudah 30 tahun di Suzuki, dan 28 tahun menjadi test rider.

3. Dicek oleh manusia, bukan robot. Semua bagian detail, mulai dari lubang oli sampai crankshaft, dicel oleh manusia menggunakan kamera kecil. Performa tinggi mesin butuh ketelitian tinggi. Meski demikian, ada beberapa item yang dicek oleh robot.

4. Produksi. Line produksi untuk tipe ini dilakukan di pabrik Toyokawa yang sanggup merakit 240 unit GSX-R1000 per hari. Pabrik ini tak semasif yang lain, hanya di area 80 meter, dikerjakan 51 orang. Mesin diproduksi 30 mil lebih jauh, di pabrik Takatsuka, di dalam area Hamamatsu.

5. Buat Kevin. GSX-R1000 model 2017 dengan produksi ke-34 atau VIN nomor 34 akan dikirim ke juara dunia GP 500 Kevin Schwantz, yang memang terkenal dengan penggunaan nomor #34 pada sepeda motornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com