Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi, Ada yang Beda di Transmisi Manual Sienta

Kompas.com - 01/02/2017, 16:00 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Sienta yang dijual di Indonesia tersedia dua pilihan transmisi, yaitu manual dan matik. Pada versi manual hadir dengan teknologi enam percepatan. Sedangkan model continous variable transmission/CVT dengan 7-percepatan sport sequential shiftmatic.

Buat yang berencana membeli Sienta dengan transmisi manual, perlu diketahui bahwa mengoperasikan transmisi mundur berbeda seperti mobil pada umumnya. Biasanya, langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi R, sedangkan Sienta berbeda.

Jangan khawatir, caranya tetap dibuat mudah sehingga pengemudi tidak kesulitan ketika mengoperasikannya. Alasan berbeda, karena kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) 7-penumpang ini punya 6-percepatan.

Sebelum mulai mengoperasikan, harus diketahui dulu bahwa posisi transmisi R terdapat di pojok kiri atas, sebelah gigi satu. Caranya, ada ring atau menyerupai cincin berwarna senada di bagian tuas perseneling.

Langkah selanjutnya, letakkan jempol tangan kiri di atas tuas, lalu jari telunjuk dan tengah diposisikan pada sekeliling cincin tersebut.

Setelah itu, tarik cincin ke atas, kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung atas. Jika sudah seperti itu sudah bisa berjalan mundur.

Selanjutnya, jika ingin mengembalikan atau memindahkan ke gigi satu, dua, dan seterusnya, caranya pun tetap mudah. Dari posisi R, hanya tinggal diturunkan, lalu diarahkan sesuai dengan kebutuhan pengemudi. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com