Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Victory Pamit, Distributor Resmi Garap Merek Lain

Kompas.com - 12/01/2017, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Persaingan berat membuat Victory Motorcycle harus undur diri dari panggung otomotif dunia. Polaris Industries selaku perusahaan pemilik mengaku bakal fokus ke merek lain yang masih dimiliki, yakni Indian Motorcycle.

Strategi ini otomatis juga sampai ke Indonesia. Melalui distributor resmi, PT Arya Motor Indonesia (AMI), fokus bisnis bakal menjual model-model Indian dan meninggalkan Victory. AMI sendiri mulai memasarkan Victory dan Indian di Indonesia sejak 2012.

"Kita memang tidak hanya jual Victory, tapi ada Indian Motorcycle yang memang punya Polaris juga. Jadi intinya akan ada perubahan fokus disisi bisnis dan produk," ucap Denny Mulyono, Presiden Director AMI saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (11/1/2017).

Ke depan, lanjut Denny, Indian Motorcycle akan lebih diutamakan. Kemungkinan besar line-up model bakal lebih lengkap.

Donny Apriliananda Victory Motorcycle - Arya Motor Indonesia

Denny menjelaskan, dampak dari penghentian produksi Victory sulit dihindari, tetapi tidak akan terlampau besar. Sebagai distributor resmi, AMI memastikan tetap menjamin konsumen Victory yang ada di Indonesia. Sama seperti prinsipal (Polaris Industries), ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual akan tersedia sampai 10 tahun ke depan.

"Jujur memang ini kenyataan yang pahit, apalagi kami dari nol membangun nama ini di Indonesia. Tapi saya menilai ini keputusan bijak yang diambil prinsipal. Karena memang susah mengembangkan dua produk yang sama (Victory dan Indian) di segmen yang sama, salah satu harus ada yang mengalah agar lebih fokus," ucap Denny.

Secara produk, lanjut Denny, tidak ada yang salah dengan Victory. Bahkan ada rasa bangga sudah bisa membawa empat unit Victory Vision sebagai kendaraan pengawal di Istana Presiden Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com